DaerahRagam

Display & Bazar SMK PGRI Rogojampi, Sebagai Uji Kompetensi Siswa

Sisi Positifnya Siswa Bisa Belajar Bekerjasama Melakukan Penjualan Produk

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Display dan Bazar sekolah jadi event tahunan yang selalu digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PGRI Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. Melalui event ini, siswa bisa mempraktikkan semua teori dan ilmu bisnis serta pemasaran yang didapat di kelas secara langsung sekaligus lebih riil. Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2000 hingga kini selalu menjadi event yang ditunggu tunggu, baik oleh siswa, guru dan masyarakat umum. Karena event ini digelar terbuka untuk masyarakat umum yang mau datang.

Hadir di acara Display dan Bazar Senin (7/1/19), Camat Rogojampi Nanik Machrufi, Kapolsek Rogojampi AKP Agung Setya Budi, Pelda Samsun Hadi mewakili Danramil Rogojampi, Kepala SMK PGRI Rogojampi Danang Bagiono, mantan Kepala SMK PGRI Moh Thoha, Kepala Desa Gitik Hamzah, jajaran guru, wali murid serta 1500 siswa siswi SMK PGRI Rogojampi.

Kepala SMK PGRI Rogojampi Danang Bagiono menyampaikan, bahwa agenda bazar tersebut sengaja digelar untuk mengaplikasikan apa yang didapatkan siswa siswi di kelas. “Jadi sebagai ajang praktik langsung di lapangan, mengingat acara ini selalu kita gelar setiap tahun di penghujung semester,” paparnya.

Di sisi lain, Display dan Bazar ini digelar pada saat moment pembagian rapor untuk siswa siswi di SMK. Sehingga kedatangan wali murid dan masyarakat semakin menyemarakkan bersama serta berbaur dengan pengunjung. Di event Display dan Bazar sekolah yang digeber selama 2 hari di jam sekokah ini, siswa diberikan kebebasan menjual produk apapun yang mereka sukai.

“Hal ini memungkinkan siswa saling berinteraksi. Menjadi penjual sekaligus pembeli bagi sesamanya. Serta merasakan bagaimana cara menjual produk yang dibawa di bazar, bernegosiasi dalam proses tawar menawar dan lain sebagainya banyak manfaat yang bisa diperoleh,” tambah Kepal SMK PGRI Rogojampi ini.

Sementara ketua panitia Display dan Bazar, Titik Sari menjelaskan, acara ini berdampak positif bagi siswa siswi, bahkan antusias sekali.

“Beberapa sponsorship juga ambil peran dalam event ini. Dan yang lebih penting, kegiatan ini menjadi serangkaian ujian siswa atau uji kompetensi siswa. Agar kegiatan ini meriah, sengaja kita gelar secara terbuka untuk umum selain juga kita sebar undangan kepada wali murid untuk pengambilan rapor sekaligus bisa berbelanja,” jelas Titik, Kaprodi Bisnis/Pemasaran di DMK PGRI Rogojampi ini dengan bangga.

Hal positif lain yang bisa dilihat dalam event ini, siswa bisa belajar bekerjasama melakukan penjualan produk. Sekaligus bisa merasakan langsung bagaimana sebuah kompetisi mutlak di pasar sesungguhnya.

Dalam event Display dan Bazar ini dibuka langsung oleh Camat Rogojampi Nanik Machrufi tepat jam 09.00 WIB. Camat wanita pertama di Rogojampi ini juga berpesan kepada seluruh masyarakat yang ada di luar, jika ada anak anak yang tidak tercover di sekolah negeri tidak perlu bingung.

“Di sini ada SMK PGRI Rogojampi yang sudah qualified dibidangnya dan yang sangat kita banggakan. Dan disini pula kita bersinergi mencetak penerus bangsa yang handal dan produktif,” lontar Nanik yang juga mantan Camat Singojuruh ini dengan mata berbinar serta penuh semangat.

Selain itu, Camat Rogojampi tersebut juga berpesan kepada seluruh jajaran sekolah, baik mantan maupun Kepala SMK PGRI beserta seluruh dewan guru yang ada, agar tetap bersinergi dan tidak boleh egosentris.

“Harus tetap koordinasi dengan Forpimka, Kepala Desa Gitik dan tokoh-tokoh agama maupun masyarakat, sehingga ketika bisa bersinergi, bisa mencetak penerus bangsa Indonesia yang luar biasa dan berkualitas tinggi,” tutup Camat Nanik Machrufi. (Ony)

Caption : Pembukaan Display & Bazar di SMK PGRI oleh Camat Rogojampi Nanik Machrufi dan situasi pengunjung

Tags
Show More

Related Articles

Close