DaerahRagam

Pemdes Kalirejo Kabat Gelar Sosialisasi Pajak Bumi & Bangunan

Edukasi Untuk Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Patuh Membayar Pajak

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Dalam upaya mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran membayar pajak pada warganya, Pemerintah Desa Kalirejo Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi menggelar sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan. Kegiatan sosialisasi ini diadakan pada Senin (7/1/19) malam sekitar pukul 19.30 WIB dan bertempat di Pendopo Kantor Desa Kalirejo.

Dilakukannya sosialisasi ini karena selama ini Desa Kalirejo selalu menjadi ranking di tengah dari 14 desa yang ada di Kecamatan Kabat. Segala upaya sudah digerakkan oleh Kepala Desa Kalirejo Eva Tristian Elti SPd juga Pemerintah Kecamatan Kabat yang diwakili Sekcam Nyamat, Ketua BPD Nastain SPd beserta anggota, Sekdes Nurmaliki, Ketua LPMD beserta Anggota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ketua RT dan Ketua RW serta 100 tamu undangan.

Menurut Kades Kalirejo Eva Tristian Elti, pemahaman dan kesadaran masyarakat desa untuk patuh membayar pajak masih kurang. Hal ini dikarenakan pengetahuan mengenai pajak yang diperoleh masyarakat masih belum optimal.

“Oleh karena itu, perlu diberikan pemahaman yang lebih mendasar mengenai perpajakan kepada masyarakat, supaya kesadarannya dapat terbangun,” papar Eva dengan tegas.

Secara jujur, Eva mengaku merasa tertekan sekali melihat warga Desa Kalirejo yang sebagian masih belum mematuhi kewajiban dan kesadarannya membayar pajak. “Kalau yang jumlah pembayaran pajak nominalnya kecil kecil ini malah tepat waktu, tetapi kendalanya justru di pembayaran pajak yang nominalnya besar dan mereka orang orang yang mampu,” tambah kades wanita yang biasa di panggil Emak Eva oleh warganya ini.

Selain itu, kendala lainnya adalah pemilik tanah yang domisilinya di luar kota dan tidak diketahui alamat lengkapnya. “Sepertinya mereka ini sengaja cuek tidak membayar pajak walau di situ ada denda dan orangnya pun sebenarnya sanggup membayar. Tetapi orang orang yang mampu itu justeru selalu melanggar aturan pembayaran pajak yang seharusnya di bayar setahun sekali ini,” sergah Eva lagi.

Senada, Sekdes Nurmaliki juga menjelaskan, sosialisasi pada malam hari tersebut dilakukan atas permintaan Bu kades. “Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak. Karena kebetulan para Ketua RT dan Ketua RW serta para undangan ingin mendapatkan pemahaman langsung mengenai Pajak Bumi dan Bangunan,” beber Sekdes Nurmaliki gamblang.

Pada sosialisasi malam itu, banyak penjelasan yang disampaikan kepada warga mengenai tata cara pembayaran PBB, baik di perbankan atau melalui RT juga kepada Kadus setempat. Untuk mencapai hal tersebut memerlukan upaya panjang dan menghadapi berbagai tantangan. Sosialisasi pengetahuan mengenai pajak sangat perlu ditingkatkan khususnya di kalangan generasi muda.

Sekcam Kabat Nyamat, juga ikut menjelaskan, selain untuk anggaran pendidikan, dana pajak digunakan untuk pembangunan infrastruktur, anggaran kesehatan, dana desa dan sebagainya. Namun peran penting pajak ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga kepatuhan baik pembayaran mau pun kepatuhan pelaporan pajak masih sangat rendah,” ujarnya.

Dikatakan Sekcam Nyamat, wajib pajak merupakan pahlawan. “Karena dari merekalah negeri ini dapat terus maju melakukan perbaikan dan pembangunan,” tegas Sekcam Nyamat dengan semangat. (Oni)

Caption : Suasana Sosialisasi Pajak Bumi dan Bangunan di Kantor Desa Kalirejo Kecamatan Kabat Banyuwangi, Senin (7/1/19) malam

Tags
Show More

Related Articles

Close