Sulbar

Ditengah Pandemik , Ka Pemdes Polman : BLT Segera Dikucurkan

Polmna.Sulbar.Beritanasuonal.id –Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar segera salurkan dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa yang akan di sebar di 144 Desa di 16 wilayah kecamatan. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Polman Aswar Jasin menyampaikan, penyaluran BLT DD akan di upayakan pada pekan pertama bulan Mei. ” Iya sudah ada surat edaran dari Kemendes bahwa penyaluran BLT DD paling lambat minggu pertama bulan Mei. Inshaa Allah hari ini, kami mau rapat terbatas dengan tim evaluasi APBDes untuk mempercepat proses pencairannya,” ujarnya, Senin 4 Mei, siang tadi.

Aswar Jasin mengakui, pihaknya tinggal menunggu hasil musyawarah desa (Musdes) penetapan calon penerima BLT ditiap desa untuk selanjutnya dibuatkan rekomendasi pencairan Dana Desa ke Badan Keuangan. ” Petunjuk teknis pencairan Dana Desa dipersyaratkan untuk memasukkan data penerima BLT DD baru boleh dicairkan,”ungkapnya.

Dinas PMD menunggu kesiapan dari Pemerintah Desa, cepat atau lambatnya ada sama desa yang bersangkutan dan laporan dari Desa. “Saat ini rata-rata desa sudah persiapan melakukan Musdes. Jadi target kami di Polman diupayakan sampai 50 persen Desa yang bisa salurkan BLT DD nya minggu pertama bulan mei ini,”ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, lanjut Aswar, tidak ada perubahan pada kriteria penerima, pendata tetap mengikuti juknis pendataan dari Kemendes. Walau diakuinya, pemerintah memang dilema karena semua masyarakat tentunya merasakan dampak Covid -19, tapi yang jelasnya sasaran BLT DD ini adalah orang miskin yang terdampak utamanya yang kehilangan mata pencaharian karena sudah tidak ada cadangan ekonominya yang bisa membantu untuk hidup bersama keluarganya selama tiga bulan ke depan. “Meskipun tidak terdata dalam DTKS, Musdes penetapan calon penerima BLT DD ada di Desa. Pendata bersama masyarakatlah yang turut menentukan pada Musdes apakah warga tersbut layak diberikan bantuan atau tidak,”jelasnya.

Aswar juga mengungkapkan, pihaknya berupaya dengan keras agar penyaluran BLT DD di Polewali Mandar ini bisa tuntas pada 144 Desa sebelum Hari Raya Idul Fitri. Ditambahkannya, dirinya menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat atas keterlambatan ini karena Desa saat ini masih sementara melakukan validasi, finalisasi data sebelum melakukan penetapan penerima manfaat BLT DD melalui Musdes. “Kami berharap masyarakat dapat mempercayakan pada pemerintah desa utk mengatur semuanya dengan baik.” tutupnya.

Sebelumnya, Mantan Kepala Desa Pambusuang, Kecamatan Balanipa, H Mansyur mengungkapkan, untuk penyaluran BLT DD pihaknya menyiapkan anggaran sekitar 35 persen dari DD. ” Saat ini kami lagi melakukan validasi dan finalisasi data. Setelah itu melaksanakan Musdes untuk menetapkan penerima. Ada sekitar 400 KK yang didata, namun hanya sekitar 200 lebih penerima,”ujarnya.

H Mansyur menambahkan, BLT bukan hanya melalui DD tapi ada juga dari Kemensos yang dikirimkan langsung ke rumah warga melalui kantor pos. ” Jadi kita rampungkan datanya, agar tidak double menerima bantuan,”singkatnya.(win)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close