AdvedtorialGorontalo

DKP Gorontalo Gelar Pemeriksaaan Skrining Kesehatan bagi ASN dan PTT

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Dalam rangka meningkatkan produktivitas di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) di lingkungan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Gorontalo (DKP), Pemerintah Provinsi Gorontalo melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Gorontalo melakukan pemeriksaan kesehatan terpadu dengan melakukan skrining kesehatan.

Kegiatan yang diikuti oleh 55 orang ASN dan 29 PTT ini, digelar di Halaman Kantor dan Ruang Rapat DKP pada Kamis (22/2/2024) dengan kegiatan pemeriksaan kesehatan terpadu diantaranya pemeriksaan PTM berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol, asam urat, berat badan dan tinggi badan. Berikutnya pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS), pemeriksaan kesehatan mental (SRQ) dan pengukuran kebugaran jasmani / SIPGAR.

Selain itu pula dilaksanakan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Sosialisasi Pemenuhan Tablet Tambah Darah buat Pekerja dan Pembimbingan Kesehatan Kerja bagi Pekerja.

Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negaera dan Reformasi Birokrasi Nomor 20 tahun 2023 tentang Pelaksanaan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular di Lingkungan Instansi Pemerintah dan Surat Edaran Gubernur Gorontalo Nomor: 900/Dikes/6048/XI/2023 tentang Pengukuran Kebugaran Jasmani bagi Pegawai Lingukungan Pemerintah Provinsi Gorontalo dan dalam rangka pelaksanaan bulan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja).

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Misran Lasantu menyampaikan terima kasih dan apresiasi untuk seluruh Tim Medis dari Dinkes Provinsi Gorontalo yang telah datang melakukan skrining bagi ASN dan PTT yang ada di DKP.

“Alhamdulilah kegiatan hari ini disambut antusias oleh semua teman-teman ASN dan PTT mengingat pentingnya untuk mengetahui kondisi kesehatan sejak dini, yang mungkin sering tidak diperhatikan,” ujarnya.

Misran berharap hasil pemeriksaan ini memberikan motivasi pada ASN dan PTT agar tetap sehat, bugar dan produktif dalam melaksanakan tugas dan aktivitas setiap saat.

Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan para ASN/PTT wajib menginstal Aplikasi System Informasi Pengukuran Kebugaran (SIPGAR) di Hand Phone masing-masing untuk mempermudah skrining kebugaran. Tes kebugaran jasmani dilakukan dengan metode rockport yaitu lari kecil atau jalan cepat sejauh 1,6 km, sedangkan untuk skrining kesehatan mencakup pemeriksaan tekanan darah, kolesterol, asam urat , gula darah dan lingkar perut, kesehatan payudara dan kesehatan mental melalui barcode yang sudah di sediakan oleh Dinas Kesehatan.

(Adv/Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button