TNI Dan Polri

Dorong Program Pemberdayaan Prajurit, Dandim 0305/ Pasaman, Kunjungi Usaha Produktif  Babinsa

BeritaNasional.ID,LUBUK SIKAPING, — Dalam upaya  memotivasi prajurit dibawah komandonya, Dandim 0305/Pasaman Letkol Kav Hery Bakty,S.H.,M.A.P, kunjungi “kegiatan usaha produktif”  Pelda Alfrijon dan Serka Imam Nawawi  di Simpang Empat, Pasaman Barat, Selasa (6/9).

Pelda Alfrijon  talah menekuni usaha itik petelur, tidak lama setelah Direktif Program Pembersayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif diluncurkan.

“Ya, sekitar satu tahunan”, aku Alfrijon kepada BeritaNasional.ID.

Dijelaskan Alfrijon, pada awalnya hanya puluhan ekor, sekarang telah berkembang menjadi 300 ekor lebih. “Lumayan untuk menambah penghasilan penopang ekonomi keluarga”, sambungnya.

Seirama  dengan Serka Imam Nawawi. Dalam usaha produktifnya, mulai  membuka lahan kebun jagung sejak bulan Januari 2022. Awalnya hanya 0,5 ha. Pembukaan kedua dan ketiga, sekitar 2,5 ha.  “Lumayan, sudah dua kali panen yang luasnya 2,5 ha. Dapat menopang ekonomi keluarga, rata-rata, sekitar Rp. 2,5 juta/bulan”, terang Serka Imam Nawawi. Katanya, jika harga jagung stabil, dia sudah merencanakan penanaman berikutnya diatas 3,5 ha.

Berbincang dengan Letkol Kav.Hery Bakty yang  menjabat Dandim 0305/ Pasaman sejak 1,5 tahun yang lalu. Diterangkannya, Program Pemberdayaan Prajurit ini, disamping memperkuat daya tahan ekonomi keluarga prajurit, juga diharapkan dapat menjadi gerakan inovasi prajurit terhadap masyarakat lingkungannya.  Secara langsung atau tidak langsung, diharapkan  dapat mendorong masyarakat meniru, berkolabirasi, dan bersinergi dengan Babinsa tempatan, sesuai potensi lingkungannya. Setidaknya, Babinsa dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk membuka  usaha-usaha produktif, tidak menelantarkan potensinya yang ada.

Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif tersebut, menurut Hery Bakti, merupakan wujud nyata dari Prajurit Wirabraja Profesional, Jujur dan Produktif.

Berawal, dua minggu setelah Brigjen TNI Purmanto memegang tongkat kepemimpinan Korem 032/Wirabraja sebagai Komandan Korem pada akhir tahun 2021 yang lalu, Purmanto mengeluarkan Direktif Program Pemberdayaan Prajurit dan Masyarakat Produktif serta memerintahkan para Dandim melalui Surat Perintah, agar para Dandim dilingkup Korem 032/ Wirabraja,  menjabarkan Rencana Garis Besar yang tertuang pada program pemberdayaan prajurit dan masyarakat produktif sesuai kondisi dan potensi wilayah masing masing.

“Disamping memotivasi, kunjungan ini merupakan bentuk nyata dukungan saya terhadap program tersebut”, tutup Letkol Kav. Hery Bakti. — YL —

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button