DaerahJawa TimurSitubondo

DPPKB Situbondo Gelar Sosialisasi Dan Publikasi Hasil Pendataan Keluarga (PK) 2021

BeritaNasional.ID, SITUBONDO. JAWA TIMUR – Dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DPPKB) Situbondo, Drs. Imam Gazali menyampaikan bahwa, kegiatan ini tindak lanjut pelaksanaan BK 21 Tahun 2021, yang dimana, pendataan keluarga secara rutin dilaksanakan lima tahun sekali. Ini merupakan kelanjutan pendataan keluarga yang dicanangkan sejak tahun 1994 dan merupakan bagian dari sistem informasi dan menejemen program KB Nasional, Selasa (14/12/2021).

“Adapun tujuan dilaksanakannya pendataan keluarga BK 21. Yang pertama penyediaan data keluarga by name by dress sebagai peta sasaran interfensi program bangga kencana. Yang kedua, sebagai dasar penetapan kebijakan perencanaan, pengendalian dan pemantauan oleh pengelola dan pelaksana program di semua tingkatan. Yang ketiga, pemanfaatan data keluarga untuk pembagunan program lintas sektor sesuai kebutuhan indikator masing masing instansi atau lembaga terkait dengan sasaran keluarga yang terdiri dari suami, istri, anak atau ayah, anak dan ibu berdasarkan undang – undang No 2 tahun 2009,” ucapnya.

Imam Gazali juga mengatakan, keluarga khusus, keluarga yang tidak memenuhi difinisif keluarga namun memiliki hubungan keluarga sesama anggota keluarga misalnya, adek dan kakak tanpa orang tua, kakek, nenek dan cucunya atau seorang diri.

“Sasaran kepala keluarga di jawa timur, hasil pemetaan Desember 2020 sebanyak 12.600.1295 KK, dengan komposisi 82% smart phone dan 18% formulir,” lanjutnya.

Pendataan keluarga serentak dilaksanakan pada 1 April sampai dengan 21 Mai 2021 lanjut Imam Gazali, diseluruh wilayah Indonesia.

“Pendataan keluarga dilakukan oleh kader pendata diwilayah setempat, yang dibina dan didampingi oleh penyuluh keluarga berencana terutama di Kabupaten Situbondo,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Situbondo Drs. H. Syaifullah M.M, sebelum membuka Sosialisasi tersebut juga mengatakan bahwa, kegiatan ini adalah langkah bagus, apa yang sudah ditugaskan kepada teman – teman KB Kabupaten dan penyuluh Kabupaten dan para kader untuk melaksanakan penyuluhan pendataan keluarga ini di masing – masing desa, di setiap individu untuk mengetahui bagaimana keberadaan daripada keluarga itu.

“Posisinya pada saat itu di bulan April, Mai dan Juni, dimasa pandemi covid- 19 ini memang membutuhkan keberanian. Untuk itu, kami bangga pada teman – teman KB. Dengan hasil capaian 99,38% Ini menunjukkan bahwa teman – teman KB serius melaksanakan kegiatan ini. Dan ini adalah bagian dari kebijakan yang akan diambil oleh pimpinan nanti ketika melakukan perencanaan pembangunan di lima tahun kedepan,” ucap Sekda Syaifullah.(Sony)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button