DaerahJawa TimurRagamSitubondo

DPR RI F-PKB dan KPPU RI Gelar Sosialisasi, Ajak Pelaku UMKM di Situbondo Bersaing Sehat

BeritaNasional.ID-Situbondo Jawa Timur, Ir HM Nasim Khan Anggota Komisi VI DPR RI F-PKB, Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia (KKPU RI), Dr. M Afif Hasbullah, SH, M.Hum, Anggota DPRD Situbondo F-PKB Mahbub Junaidi, dan Direktur Nasim Khan Indonesia Aurang Anzeb Khan SE, melaksanakan sosialisasi komisi pengawasan usaha penguatan UMKM melalui hukum persaingan usaha dan pengawasan kemitraan, Sabtu (1/4/2024).

Kegiatan yang berlangsung di Ballroom edLotus Hotel, Jalan Gunung Arjuno N0. 17 Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo ini, dihadiri Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kabupaten Situbondo, Habib Husein BSA dan diikuti 200 peserta pelaku usaha micro kecil menengah.

Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI), Dr. M Afif Hasbullah, SH, M.Hum dalam mengatakan, dengan dilaksanakannya sosialisasi ini pihaknya akan mengenalkan tentang kewenangan Komisi Pengawas Persaingan Usaha kepada masyarakat.

“Salah satu peran KPPU RI yakni sebagai pengawas kemitraan pelaku usaha besar dengan pelaku Usaha Micro Kecil Menengah (UMKM). Kita ingin UMKM terliterasi dengan pengetahuan bahwa kemitraan yang sehat itu, yakni kemitraan yang didasari prinsip kesetaraan dalam berbisnis. Sehingga, para pelaku UMKM ini tidak dikuasai, dikendalikan dan atau diatur oleh para pengusaha besar,” jelas Dr. M Afif Hasbullah.

Lebih lanjut, Dr. M Afif Hasbullah menjelaskan, apabila para pelaku UMKM mau bekerjasama dengan para pelaku usaha besar jangan sampai mau dirugikan oleh pengusaha besar tersebut. “Dengan sosialisasi ini, kita akan mengedukasi masyarakat UMKM agar mengetahui tentang etika berbisnis yang baik. Jadi, kita mendorong para pelaku UMKM supaya berinopatif, mandiri, percaya diri dalam memasarkan barang maupun jasanya,” tutur Gus Afif.

Selain itu, sambung Gus Afif, jangan sampai ketika barang-barang atau jasa UMKM masuk pasar terus terjadi diskriminasi atau pembatasan sesama pelaku usaha dan konsumennya. “Kita juga mendorong agar para pelaku usaha UMKM melakukan usaha yang sehat dan terus meningkatkan kreatifitas di bidang usahanya masing-masing sehingga mampu bersaing secara sehat dalam memasarkan produk-produknya,” pungkas Ketua Komisi Pengawasan Persaingan Usaha Republik Indonesia (KPPU RI), Dr. M Afif Hasbullah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button