SUMUT

DPRD Sah Tetapkan 5 Ranperda

BeritaNasional.ID, Binjai – Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP hadiri Rapat Paripurna Penetapan Lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Binjai Tahun 2022, di Aula DPRD Kota Binjai, Jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Jumat (30/12).

5 (lima) Ranperda Kota Binjai Tahun Anggaran 2022 yang ditetapkan antara lain:

1. Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kota Binjai.

2. Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Perusahaan Perseroan Daerah Pembangunan Kota Binjai

3. Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Penanaman Modal.

4. Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Pokok-Pokok Pengelolaan Keuangan Daerah

5. Rancangan Peraturan Daerah Kota Binjai tentang Persetujuan Bangunan Gedung dan Sertifikat laik fungsi.

Dalam sambutannya, Wali Kota Drs. H. Amir Hamzah, M.AP menyampaikan bahwa sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, pada pasal 236 disebutkan untuk menyelenggarakan otonomi daerah dan tugas pembantuan, daerah membentuk peraturan daerah.

“Tahapan pembentukan peraturan daerah berdasarkan ketentuan yang disebutkan pada pasal 237 ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, meliputi tahap perencanaan, penyusunan, pembahasan, penetapan, dan pengundangan yang berpedoman pada ketentuan peraturan perundang-undangan.” tambahnya.

DPRD melalui Badan Pembentukan Peraturan Daerah (BAPEMPERDA) dan Pemerintah Kota Binjai telah melakukan pembahasan dan menyepakati Rencana Pembentukan Peraturan Daerah untuk dituangkan dalam Program Pembentukan Peraturan Daerah (PROPEMPERDA) Tahun 2023.

Adapun usulan Rancangan Peraturan Daerah yang telah disepakati dimaksud merupakan PROPEMPERDA yang disusun berdasarkan hasil inventarisasi kebutuhan regulasi yang sesuai dengan kewenangan daerah dan pelaksanaan otonomi daerah serta amanat dari peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi.

Tampak hadir Ketua DPRD Kota Binjai dan seluruh anggota DPRD Kota Binjai, para pimpinan OPD Kota Binjai, serta Camat dan Lurah se-Kota Binjai. (bay)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button