DaerahJawa TimurPertumbuhanPolitikRagamSitubondo

DPRD Situbondo Dukung Investasi di Kawasan Merak-Baluran

SITUBONDO JAWA TIMUR – BeritaNasional.id – Jasper Ho, investor asal Cina menemui Bupati Situbondo, Karna Suswandi, di Ruang Intelligence Room (IR) Pemkab Situbondo, pada Hari Selasa tanggal 24 Januari 2023 lalu. Tujuannya, kedatangan investor asal Cina tersebut, untuk membahas rencana investasi di Kawasan Merak-Baluran Situbondo. Khususnya membahas dalam bidang pariwisata, pertanian dan pendidikan.

Rencana investasi investor dari Negara Cina, di Kawasan Merak-Baluran Situbondo tersebut mendapat respon baik dari Wakil Ketua Komisi II DPRD Situbondo, Abdul Aziz. “Apabila ini terealisasikan, investasi tersebut berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat yang bermukim di Kawasan Merak-Baluran,” kata Abdul Aziz, Selasa (31/1/2023).

Lebih lanjut, Abdul Aziz mengatakan, pihaknya welcome ke investor, karena dampaknya pasti besar ke pertumbuhan ekonomi di Situbondo dan kesejahteraan warga di sana. Selain itu, Pendapat Asli Daerah juga pasti naik signifikan.

“Dengan adanya investasi tersebut akan berdampak terhadap penyerapan tenaga kerja di wilayah sekitar, khususnya di permukiman warga Merak Baluran. Secara otomatis, angka pengangguran di Situbondo menjadi berkurang,” jelas politisi Partai Gerindra.

Selain itu, pihaknya juga meminta ada regulasi yang membatasi wilayah di Kawasan Merak-Baluran yang boleh dibuka untuk investor. “Yang perlu dipikirkan adalah bagaimana dampak daripada investor tadi, karena di sana itu Taman Nasional yang perlu dijaga kelestariannya,” kata Abdul Aziz.

Tak hanya itu yang disampaikan Aziz, namun pihaknya juga tidak menghendaki adanya investasi yang mengganggu habitat hewan dan tumbuhan di Kawasan Merak-Baluran. “MoU-nya harus jelas antara Pemkab Situbondo, Taman Nasional dan investor. Kalau tidak ada MoU tidak boleh ada investasi di sana,” terang Aziz.

Bila rencana investasi tersebut sudah final, sambung Aziz, pihaknya memastikan bakal memanggil Kepala OPD yang berkaitan dengan investasi di Kawasan Merak-Baluran. “Kami juga ingin tahu di mana saja yang akan menjadi wilayah investasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Karna Suswandi, menyambut baik rencana kerjasama tersebut. “Jadi ada beberapa poin yang disampaikan. Intinya kami sangat cocok dan akan merespon dengan baik investasi itu sepanjang kerjasamanya saling menguntungkan,” terangnya.

Pewarta       :As’ad Zuhaidi Anwar

Publisher     :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button