Situbondo

DPRD Situbondo Gelar Rapat Paripurna Penyampaian Dokumen LKPJ Bupati Tahun 2022 dan Persetujuan internal Rancangan Peraturan Daerah

BeritaNasional.ID – Situbondo Jawa Timur – Melalui Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Situbondo, Bupati Situbondo Drs H Karna Suswandi menyampaikan Dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022 kepada DPRD Kabupaten Situbondo, Rabu (29/3/2023).

Rapat Paripurna ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi SE dan dihadiri wakil ketua serta anggota DPRD Situbondo, Bupati Situbondo, Wakil Bupati Situbondo, Sekda Situbondo, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Situbondo dan tamu undangan lainnya berlangsung khidmat.

Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam laporan LKPJ tahun 2022 mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh Pimpinan maupun Anggota DPRD Situbondo yang telah menjalankan fungsi legeslatif dan pengawasan secara optimal terhadap penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Situbondo tahun anggaran 2022 lalu.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyampaian LKPJ merupakan agenda rutin tahunan sesuai dengan amanat UU N0 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah N0 13 Tahun 2019 Tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggara Pemerintah Daerah dan LKPJ tahun 2022 ini merupakan penilaian tentang capaian kinerja Pemerintah Daerah dalam kurun waktu satu tahun,” jelas Bupati Situbondo saat menyampaikan LKPJ-nya dihadapan Rapat Paripurna DPRD Situbondo.

Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo, sambung Bupati Karna, dalam kebijakan pengelolaan keuangan telah dituangkan dalam kebijakan umum anggaran belanja daerah. “RKPJ tahun 2022 merupakan dasar pemerintah untuk mewujudkan Situbondo Berjaya. Melalui penjabaran RPJMD Tahun 2021 hingga 2026 dengan 7 indikator kinerja yakni Indek Pembangunan Manusia, Pertumbuhan Ekonomi, Persentasi Kemiskinan, Indek Pelayanan Sosial, Indek Pelayanan Insfrastruktur dan Indek Reformasi Birokrasi,” jelas Bupati Karna.

Capaian dari tujuh indikator kinerja ini, sambung Bupati Situbondo, dari tahun ke tahun semakin membaik. “Adapun capaian tersebut, tentunya masih perlu perhatian khusus yang harus kita laksanakan. Angka kemiskinan Kabupaten Situbondo sudah mengalami menurunan, angka penganguran juga mengalami menurunan dan yang paling membabggakan yakni pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Situbondo tumbuh positif di angka 4,29 persen. Hal ini tentu akan bisa menjadi peluang mengundang inspestasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Situbondo Edy Wahyudi mengatakan, Dokumen Laporan LKPJ Tahun 2022 sudah diserahkan oleh Bupati Situbondo ke DPRD Situbondo. “Rapat Paripurna menyampaikan Dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022 oleh Bupati kepada DPRD Kabupaten Situbondo berlangsung lancar dan khidmat,” jelas Edy Wahtudi.

Selain melaksanakan Rapat Paripurna menyampaikan Dokumen Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2022, sambung Edy Wahyudi, DPRD Situbondo juga menggelar rapat persetujuan internal Rancangan Peraturan Daerah (Inisiatif DPRD Situbondo tentang Badan Usaha Milik Desa, Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Adat Desa, Pemberdayaan Koperasi, Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mickro dan Fasilitas Penyelenggaraan Pesantren serta persetujuan Rencana Kerja DPRD Situbondo Tahun 2024 dan Penyampaian Laporan pelaksanaan reses II masa sidang II Tahun sidang 2022-2023.

Pewarta       :As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button