Daerah

DPRD Situbondo Meminta Kebijakan Pemkab Penanganan Covid- 19 Ada Kepastian Sosial

BeritaNasional.ID, Situbondo– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Situbondo meminta Pemkab lebih kongkrit dengan bentuk Bantuan sosial, bagi warga miskin maupun yang terdampak. Dalam hal ini mencakup seluruh warga yang terdampak Covid-19 di Kabupaten Situbondo.

Oleh karena itu, kata wakil ketua DPRD Situbondo Abdur Rahman, Pemkab harus mengambil kebijakan yang tidak kontra produktif. Penutupan dua pasar hewan harus diikuti kepastian jaminan sosial bagi mereka yang terdampak maka dari itu DPRD memberikan masukan agar Pemkab menyiapkan bentuk jaring pengaman sosial dengan baik.

Menurutnya, contoh seperti penutupan lokasi wisata serta penutupan pasar hewan di Asembagus dan Besuki. Pemkab harus memberi kepastian bantuan sosial bagi mereka yang terdampak langsung penutupan pasar tersebut karena penutupan dua pasar hewan itu menimbulkan pro kontra.

“Di satu sisi Pemkab menutup, sementara, pasar hewan di Desa Sumberkolak, Kecamatan Panarukan masih tetap dibuka. Padahal banyak warga menggantungkan penghasilannya dari pasar tersebut. Belum lagi masih ada sebagian pekerja di pasar memiliki tanggungan angsuran.,” Katanya,

Dilanjutkannya, persoalan bukan masalah pro atau kontra penutupan pasar saja. Namun kebijakan apapun yang akan diambil, tidak hanya mempertimbangkan masalah aspek resiko kesehatannya, melainkan harus memperhatikan juga aspek dampak sosial ekonominya sebab, mereka dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.(Edo)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close