Jawa TengahSosial

Dukung Program Pemerintah, YGIPT Sosialisasi Stunting dan Pembagian Paket Makanan Sehat di Desa Tegalwangi

BeritaNasional.ID, Tegal – Untuk mendukung program pemerintah dalam mengatasi stunting, Yayasan Gerbong Insan Peduli Tegal (YGIPT) yang bergerak dibidang sosial, keagamaan, kemanusiaan, ekonomi dan budaya menyelenggarakan kegiatan sosialisasi stunting dan pembagian paket makanan sehat yang digelar di Sekretariat YGIPT Jl. Cempaka RT 09 RW 03 Desa Tegalwangi, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal, Sabtu (21/1/2023).

Kegiatan tersebut merupakan kerja sama antara Yayasan Gerbong Insan Peduli Tegal dengan CSR Pertamina dan dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Yuni Rahayuningtyas, SKM.,M.Kes serta Forkompincam Talang.

Disela-sela kegiatan, Ketua Yayasan Gerbong Insan Peduli Tegal, Abdul Rohman yang didampingi Humasnya, Teguh Andi Sasono menyampaikan rasa terima kasihnya baik kepada Pemerintahan Desa, Forkompincam, Pemkab Tegal maupun Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terutama pada Pertamina yang telah membantu acara sosialisasi stunting dan pembagian paket makanan sehat.

“Kami atas nama Yayasan Gerbong Insan Peduli Tegal menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung hingga sukses terselenggaranya acara sosialisasi stunting dan pembagian paket makanan sehat kepada masyarakat Desa Tegalwangi,” ujar Abdul Rohman, kepada BeritaNasional.ID.

Terpisah, Yuni Rahayuningtyas mengatakan bahwa para ibu-ibu terutama ibu hamil agar memperhatikan janin di kandungan dan diharapkan tetap mendapatkan asupan kandungan gizi.

“Stunting itu merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama,” ungkap Yuni.

Lebih lanjut Yuni menjelaskan serta memberikan simulasi tentang apa itu stunting sehingga ibu-ibu yang hadir dapat memahami dan memperoleh pengetahuan dalam merawat dan mendidik anak-anaknya.

“Kenapa pertumbuhan anak itu lambat termasuk pola pikir anak lambat, itu disebabkan asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang dibutuhkan anak,” jelasnya.

Pada akhir kegiatan semua yang hadir mendapatkan paket makanan sehat yang telah disediakan oleh Yayasan Gerbong Insan Peduli Tegal serta souvenir lainnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button