DaerahEks Keresidenan Madiun

Ecoadventures Tourism Selingkar Wilis

BeritaNasional.ID, Madiun – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Madiun melalui  Bidang Pengembangan Pariwisata mengadakan kegiatan pendampingan Ecoadventures Tourism di salah satu home stay, di desa Kare Kecamatan Kare Kabupaten Madiun, Jum’at (13/11/2020).

Hadir pada kegiatan tersebut, Kasi Pengembangan Kawasan Pariwisata, Moch. Hamzah Nugrohanto, SE, Kasi Pengembangan Destinasi Pariwisata, Deddy Apriyanto H, ST, dan Hartoyo Saputro, narasumber dari East Jawa Ecotourism Forum (EJEF) 5 orang, serta para pemuda peserta dari desa Kare sebanyak 20 orang.

Kasi Pengembangan Pariwisata Disparpora Kabupaten Madiun, Moch. Hamzah mengatakan  pihaknya sebagai pendampingan dari kegiatan Ecoadventures Tourism di Selingkar Wilis wilayah Kabupaten Madiun.

Hamzah menjelaskan fungsi dari pengembangan itu kalau merujuk dari regulasinya, sudah sesuai dengan Perda dari Pemkab Madiun, yang berbicara tentang rencana  induk pengembangan pariwisata di wilayah Kabupaten Madiun. Ke atasnya lagi Selingkar Wilis merupakan KSPP intinya prioritas Pengembangan Provinsi, selain Bromo, Tengger, Semeru, dan Madura.

Selain itu ada lagi Ripparprov juga berbicara Selingkar Wilis merujuk keatas lagi ada Permendagri 80 untuk percepatan pengembangan Kawasan Selingkar Wilis, Bromo, Tengger, Semeru dan Madura,” terang Hamzah.

Hamzah menambahkan, di Kabupaten Madiun logusnya di desa dan kecamatan Kare, kita kembangkan di desa Kare karena masuk wilayah Selingkar Wilis,” jelasnya.

Kegiatan tahap dua ini dilaksanakan selama 5 hari terhitung dari tanggal 12,13,14 ada pendampingan terkait teknis pendakian, dimana para peserta  dibekali pemanduan dan pendakian, serta rescue, untuk tanggal 15 dan 16 diadakan pendakian di Puncak Wilis, sedangkan tanggal 17 evaluasi dan pembentukan kelembagaan

Hamzah menjelaskan , dari pendampingan di 2020 ini, akan keluar beberapa rekomendasi kegiatan maupun pelatihan yang dibutuhkan untuk para pelaku pariwisata di selingkar wilis khusunya Kare. Selain itu diharapkan di Kare ini menjadi Pilot Project dari pengembangan pariwisata yang ada di Kabupaten Madiun

“Target pendampingan ini tidak berhenti di tahun 2020, outputnya tercipta produk Ecoadventures, outcame jumlah kunjungan pendakian Selingkar Wilis meningkat. Dan berdayanya masyarakat Kare” tegasnya

Hamzah berharap, di tahun 2021 akan banyak berkembang produk-produk pariwisata selingkar wilis, sehingga mempercepat pemulihan ekonomi di saat pandemi maupun pasca pandemi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button