Jawa Timur

Edi Nanang Sofyan H ; Mengukir Segudang Prestasi Di MAN Lumajang

BeritaNasional.ID Lumajang- Madrasah akan menjadi primadona jika memiliki segudang prestasi dan pelayanan luar biasa pada masyarakat luas. Orang tua sebagai wali murid akan memilah dan memiliki dimana putra putrinya akan di sekolahkan. Sehingga membangun trus sangat penting demi kemajuan madrasah tercinta. MAN Lumajang satu satunya di Kabupaten Lumajang telah mengukir banyak prestasi baik prestasi akademik maupun non akademik. Yang jelas mengukir sejarah dalam dunia pendidikan tidak lepas dari komitmen dan kerja sama semua elemen madrasah. Mulai dari integritas, loyalitas, komitmen, tanggung jawab kepala madrasanya bersama seluruh dewan guru, komite dan steakholdher yang mendukung dan mensuppor madrasah menjadi pilihan utama.

“ Semua program akan bisa terealisasi dengan baik serta mencapai target yang diharapkan jika ada komitmen bersama antara dewan guru, pegawai, komite dan steakholdher yang komunikatif dan bermitra menuju visi dan misi madrasah” kata Edi Nanang Sofyan Hadi

Yang jelas kecakapan Kepala Madrasah dalam membuat trust sangat dibutuhkan untuk meyakinkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Lumajang adalah pilihan pertama dan utama bagi wali murid menyekolahkan putra-putrinya. Visi MAN Lumajang adalah mewujudkan insan yang bertaqwa, cerdas, terampil dan berbudaya. Indikator Pribadi Bertaqwa : 1) Kuat aqidah dan istiqomah dalam kebajikan, 2). Adanya keseimbangan antara dzikir, pikir dan amal sholeh, 3). Berakhlakul Karimah, sabar dan tawakal dalam kehidupan, 4). Menegakkan amar ma’ruf nahi mungkar dengan santun, 5). Menjalankan sholat fardhu dan sholat sunnah dengan istiqomah, 6). Memahami dan mengimplementasikan kandungan Al-Qurán dalam kehidupan. Indikator Pribadi Cerdas ; 1). Membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan benar dan lancar, 2). Mampu menyelesaikan pembelajaran dalam waktu 2 tahun, 3). Mampu memperoleh nilai di atas KKM dan meningkat tiap semester, 4). Mampu memperoleh nilai UTBK yang maksimal, 5). Mengusai aplikasi multimedia dan jaringan komputer, 6). Menguasai tehnik kriya tekstil dan tata busana, 7). Melanjutkan studi di PTN dengan jalur  Tahfiz, SNMPTN, SPANPTKIN, SNMPN, PMDK PA, SBMPN, SBMPTN dan UMPTKIN, 8). Memiliki prestasi akademik atau non akademik tingkat kabupaten, propinsi dan nasional.

Alini Ghoni Siswa MAN Lumajang juga selaku Putri Pendidikan Remaja Indonesia 2022

Indikator Pribadi Terampil ; 1). Terampil membaca dan menghafal Al-Qur’an dengan benar dan lancar, 2). Terampil  menerjemahkan Al-Qur’an, 3). Terampil menggunakan aplikasi multimedia dan jaringan komputer, 4). Terampil menggunakan tehnik kriya tekstil dan tata busana, 5). Terampil dalam berbahasa Indonesia, Arab, Inggris dan Mandarin, 6). Terampil dalam olahraga, seni dan berorganisasi. Indikator Berbudaya ; 1). Belajar, bekerja dan beribadah untuk rahmatan lil alamin, 2). Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan nyata, 3). Peduli terhadap lingkungan alam sekitarnya, 3). Mengoptimalkan budaya Literasi dan Numerasi.

Misi Madrasah Sesuai dengan Visi Madrasah yang telah dicanangkan maka Misi yang di emban di MA Negeri Lumajang sebagai Lembaga Pendidikan yang berciri khas keagamaan adalah sebagai berikut ; 1) Melaksanakan program Furudhul Ainiyah dan program Tahfidz Al Qur’an, 2). Melaksanakan proses pembelajaran yang efektif, efisien, inovatif  dan menyenangkan, 3). Melaksanakan pembelajaran berbasis IT, 4). Melaksanakan kegiatan Club Mata Pelajaran dan Club Program Keterampilan, 5). Melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler  sesuai dengan bakat minat siswa, 6). Melaksanakan pembiasaan hidup sehat, bersih, indah, nyaman, lestari dengan mempertimbangkan keseimbangan Sumber Daya Alam (SDA) di lingkungan madrasah, 7). Melaksanakan budaya Literasi dan Numerasi pada setiap kegiatan

Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dirumuskan mengacu pada tujuan umum pendidikan. Tujuan pendidikan menengah adalah meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut. Standar dalam Kelulusan; 1). Madrasah mampu mencapai kelulusan peserta didik 100 % dengan program SKS 2 tahun dan 3 tahun, 2). Madrasah mampu mengantar peserta didik mengikuti program percepatan, 3). Madrasah mampu mencapai  75  % masuk PTN jalur SNMPTN, SBMPTN dan SPANPTKIN, 4). Madrasah mampu mengantarkan peserta didik menjadi juara umum KSM Kabupaten, 5). Madrasah mampu mengantarkan peserta didik menjadi juara 1 KSM Propinsi, 6). Madrasah mampu mengantarkan peserta didik menjadi juara 1 KSN Kabupaten, 7). Madrasah mampu mengantarkan peserta didik menjadi juara 1 di Porseni Propinsi.

Kompetensi Lulusan MA Ketrampilan Program Keahlian Multi Media; 1). Madrasah mampu menghasilkan lulusan yang profesional dibidang multimedia dan broadcasting yang mampu mengaplikasikan ilmunya dengan arif dan bijaksana sesuai syari’at Islam, 2).  Mampu dan menguasai program komputer grafis (coreldraw, adobe photoshop, ilustrator, google sketchup), teknik pengambilan video dan aplikasi editing video serta kompetensi fotografi, 3). Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan Hard skill dan soft skil untuk memasui dunia usaha atau Perguruan Tinggi, 4). Menghasilkan lulusan yang tangguh, profesional, disiplin, berdidikasi tinggi, religius dan berakhlakul karimah.

Kompetensi Lulusan MA Ketrampilan Program Keahlian Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ) ; 1). Menghasilkan lulusan yang kompeten (Knowledge, Skill & Attitude) dalam bidang Tekhnik Komputer dan Jaringan, yang mampu mengaplikasikan ilmunya dengan arif dan bijaksana sesuai syari’at Islam, 2). Mampu dan mengusai cara instalasi Sistem Operasi, menangani masalah pada PC, memperbaiki PC,Perakitan PC,  menangani jaringan, membuat WEB, 3). Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan Hard skill dan Soft skill untuk memasuki dunia kerja atau Perguruan Tinggi, 4). Menghasilkan lulusan yang tangguh, Profesional, disiplin, berdedikasi tinggi, religius dan berakhlakul karimah.

Kompetensi Lulusan MA Ketrampilan Program Tata Busana dan Kriya Tekstil; 1). Menghasilkan lulusan yang profesional dibidang Tata Busana antara lain Teknik dasar menjahit, Konstruksi pola dan pecah pola, Menghias busana dan Pelengkap busana, Pengetahuan dan kriya tekstil yang mampu mengaplikasikan ilmunya dengan arif dan bijaksana, 2). Menghasilkan lulusan yang memiliki kreatifitas dan ketrampilan juga kemampuan berwirausaha  untuk memasuki dunia kerja / dunia industri atau Perguruan Tinggi, 3). Menghasilkan lulusan yang tangguh, kreatif, profesional, disiplin, berdedikasi tinggi, religius dan berakhlakul karimah

Kompetensi Lulusan LPBA (Lembaga Pengembangan Bahasa Asing); 1). LPBA mampu mangantarkan peserta didik untuk mengikuti ujian TOEFL/TOAFL, 2). LPBA mampu mengantarkan peserta didik untuk berkomunikasi dengan jurusan bahasanya masing-masing.

Standar dalam Pengembangan Kurikulum meliputi; 1). Madrasah mengembangkan E-book  berkarakter Islami, 2). Madrasah mengembangkan kurikulum program SKS untuk semester 1-6, 3). Madrasah mengembangkan RPP dan UKBM  untuk semester 1-6,  untuk semua mata pelajaran.Standar dalam Proses pembelajaran meliputi : 1). Madrasah mengembangkan berbagai strategi, metode, dan model pembelajaran berbasis literasi dan numerasi melalui UKBM, 2). Madrasah mengembangkan berbagai pembelajaran berbasis ICT (E-learning). Standar dalam Sumber Daya Manusia dan Tenaga Kependidikan ; Madrasah mengembangkan dan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik dan kependidikan.

Standar dalam Sarana dan prasarana pendidikan meliputi; 1). Madrasah memiliki LCD sesuai kebutuhan KBM, 2). Madrasah memiliki jaringan internet yang mencukupi kebutuhan madrasah. Standar dalam manajemen Madrasah meliputi; 1). Melaksanakan implementasi MBM, 2). Melaksanakan pengembangan administrasi madrasah. Standar  biaya pendidikan meliputi; 1). Madrasah dalam pelaksanaan pembiayaan berasal dari DIPA/BOSDA, 2). Madrasah mencapai standar penggalang dana dari masyarakat melalui komite madrasah. Standar penilaian prestasi meliputi; Prestasi Akademik dengan indikator; 1). Peserta didik mencapai standar ketuntasan minimal setiap mata pelajaran, 2). Peserta didik menjadi juara dalam berbagai ajang Kompetisi Bidang Studi, 3). Rapor Digital Madrasah dapat dilaksanakan dengan baik. UNTUK Prestasi Non Akademik meliputi; 1). Peserta didik mencapai standar ketuntasan minimal dalam non akademik dengan tolok ukur buku tatib, 2). Peserta didik berprestasi dalam bidang olah raga dan seni, 3). Madrasah mempu menghasilkan peserta didik cakap dalam berorganisasi. Dan standar dalam pemerataan kesempatan pendidikan dan kepedulian berbudaya lingkungan meliputi; 1). Pemberian bantuan biaya pendidikan kepada peserta didik dari keluarga miskin, peserta didik berprestasi akademik dan non akademik serta  penghafal Al-Quran, 2). Warga madrasah mencapai perubahan perilaku yang berbasis IMTAK-IPTEK.

Data prestasi yang diraih Tim Mrc Man Lumajang Juara 1 Best Desain Aesthetic Robotik Expo MA Keterampilan tingkat Nasional, Tim Protabus Juara 2 Faashion Drapping Expo MA Keterampilan tingkat Nasional, Tim Multimedia Juara 3 Best Idea Expo MA Keterampilan tingkat Nasional  tanggal 24 Juni 2022 di Bangkalan. Alini Ghoni Ramadhani Putri juara 1 Puteri Pendidikan Remaja Jawa Tmur di Surabaya. Achmad Mustofa medali perak KSNR4 Nasional juli 2022, Setiati Pujaningsih terpilih masuk  seleksi Paskibraka  Propinsi Jawa Timur tahun 2022, Rendy Ganesta  terpilih masuk  seleksi Paskibraka Kabupaten tahun 2022, Hanifa juara 1 lomba bertutur pajak tingkat kabupaten tahun 2022, Achmad Mustofa juara 2 KSM Kabupaten mapel fisika dan juara harapan 2 tingkat propinsi Jawa Timur mapel fisika.

Anggi Purnama sari juara 1 Reportase, Thobibatul Inayah juara 1 kaligrafi putri , Adit Tya Firmansyah juara 1 kaligrafi putra, M. Akyas Alif juara 3 pemilihan Gus dan  TIM LKP MAN Lumajang juara umum II LKP Jawa-Bali Unisma tahun 2022, Tim Futsal juara 2 tingkat Kabupaten Lumajang 29 Agustus 2022. Ni Riska Nur Safitri Juara 1 Lomba Desain Grafis UINSA tahun 2022, Faza Ahmad Nawfal Al muzakky juara 3 lomba Pidato tingkat SMA/SMK Radio Radar  Semeru Lumajang. Yang tidak kalah pentingnya adalah prestasi Alini Ghoni Ramadhani Putri meraih Putri Pendidikan Indonesia Tingkat Nasional di Jakarta  yang mampu mengeliminasi 300 peserta dari 34 Propinsi se Indonesia. Semua kejuaraan tersebut hanya sekedar media untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap Madrasah Aliyah Negeri Lumajang juga bisa bersaing dengan Sekolah Menengah Umum baik tingkat Kabupaten, Propinsi maupun Nasional. Ini sudah terbukt. Bahkan ke depan sudah mulai penataan sarana dan prasarana yang representatif dengan tata kelola ruang kelas yang elegan dan indah serta ruang resepsionis standart PTSP. Termasuk dengan fasilitas Podcas sebagai ajang siswa berkreasi,  beraktualisasi dalam dunia reporter dalam penyiaran informasi yang sudah ada program di MA Plus Ketrampilan. Bilik Santri Moderat sebagai sarana siswa untuk berdiskusi tentang wawasan kebangsaan dalam rangka mewujudkan Pelajar Pancasila Rahmatal Lil Alamin. Di mana siswa mengajak untuk diskusi lain agama mulai dari siswa yang beragama Hindu, Kristen untuk berbicara moderasi beragama dalam rangka penguatan nasionalisme pelajar.

Masyarakat Lumajang merasakan dengan kepemimpinan Bapak Edi Nanang Sofyan Hadi, S.Ag, M.Pd sesuai dengan SK Jabatan Kepala Madrasah per 29 September 2020 banyak perubahan dalam bidang pelayanan, kedisiplinan, penanaman nilai-nilai akhlakul karimah serta prestasi luar biasa membanggakan. Hal tersebut karena di dorong dengan komitmen bersama dan adanya kontrak prestasi dengan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lumajang Bapak Dr. Muhammad Muslim, S.Ag, M.Sy yang inovatif, enerjik dan mampu membakar semangat untuk berkarya dan berprestasi sesuai tag line KSKK Kementerian Agama RI “ Madrasah Mandiri Berprestasi “ (Rhm)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button