DaerahJawa TimurPendidikanSitubondo

Edukasi WBP, Kepala Rutan dan Rektor Unars Situbondo Tebar 2000 Benih Lele

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM,- Rudi Kristiwan Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo bersama Karnadi Rektor Universitas Abdurchman Saleh Situbondo menebar 2000 bibit ikan lele di kolam area Branggang Rutan Situbondo, Selasa (16/5/2023).

Area Branggang ini rencananya akan di konsep oleh Rudi Kristiawan menjadi sarana Asimilasi dan Edukasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Situbondo yang bertujuan membekali sumber pendapatan WBP ketika masa hukamannya selesai.

“Menebar benih ikan lele sebanyak 2000 ekor di kolam ikan milik Rutan ini, dilakukan sebagai bentuk output dari MoU antara Rutan Situbondo dengan Universitas Abdurachman Saleh Situbondo. Budidaya Ikan Lele tersebut akan di besarkan oleh WBP selama kurang lebih 3 bulan kedepan. Selanjutnya, akan di pasarkan keluar dan diolah di dalam Rutan Situbondo serta dijadikan kebutuhan lauk makan untuk WBP,” jelas Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Kepala Rutan Situbondo mengatakan, pada Bulan Maret 2023 lalu Rutan Situbondo melakukan MoU dengan Rektor Unars Situbondo yang berlangsung di Aula Rutan Situbondo. “Banyak hal yang dicantumkan dalam kerjasama itu. Utamanya dalam hal pelatihan Pertanian, Perikanan, Peternakan, Kewirausahaan, Pendidikan, Kemandirian serta Kerohanian,” kata Karutan Situbondo.

Sebelum menebar benih ikan lele ini, sambung Rudi, jajaran Unars Situbondo juga memberikan pelatihan pertanian hidopronik di dalam Rutan Situbondo. Hasil dan perkembangan dari pelatihan pertanian hidopronik sangat cepat dan luar biasa.

“Rencananya ke depan di halaman belakang rutan juga akan ada peternakan ayam. Kedepan kami juga ingin mengonsep branggang Rutan Situbondo ini menjadi Sarana Asimilasi dan Edukasi yang bisa dijadikan juga sebagai laboratoriumnya Mahasiswa Universitas Abdurrachman Saleh. Banyak hal-hal positif yang bisa kita gali dan laksanakan dari MoU ini,” terang Rudi.

Sementara itu, Karnadi Rektor Unars Situbondo mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Rutan Situbondo yang telah menggandeng Unars Situbondo dalam pembinaan WBP. “Kami dari Unars Situbondo akan terus mendukung dan siap bekerjasama memberikan pelatihan yang dibutuhkan WBP Rutan Situbondo,” jelas Karnadi.

Tak hanya itu yang disampaikan Rektor Unars Situbondo ini, namun dirinya juga mengatakan bahwa pembinaan terhadap WBP Rutan Situbondo, merupakan salah satu bentuk tanggung jawab bersama. “Dalam rangka mensukseskan program pembinaan yang berkelanjutan kepada WBP Rutan Situbondo, maka kami siap memberikan berbagai pelatihan atau ketrampilan usaha kepada WBP. Sehingga, ketika masa hukuman WBP selesai, mereka bisa menafkahi hidup keluarganya,” pungkas Karnadi (heru/bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button