Ragam

Elegan, Sikap Terpuji Anggota JOIN

 

BeritaNasional.ID  —  Kepengurusan Jurnalis Online Indinesia (JOIN) di Sulsel, torehkan sejarah sebagai organisasi jurnalis terbanyak terbentuk di kabupaten/ kota. Terakhir, Kota Parepare pada akhir bulan September 2018 ini.

Dalam waktu setahun, 14 kabupaten/ kota sudah terbentuk dan eksis beraktifitas. “Antusias jurnalis berorganisasi dan memilih JOIN sangat tinggi,” ujar Sudarman Djoni, Wakil Sekretaris JOIN Sulsel.

Lanjut dikatakan, tingginya animo jurnalis bernaung di JOIN lebih dikarenakan program-program nyata ditawarkan seperti penyediaan tanah kavling siap bangun dan rumah tanpa DP Kec.Pattallasang, Gowa.”Terakhir, kami segera MoU bersama asuransi jiwa yang akan memberikan proteksi dan perlindungan bagi anggota,” ujar pria dipanggil Ali Mitos.

Sementara Ketua Wilayah JOIN Sulsel, Rifai Manangkasi menjelaskan, besarnya minat jurnalis gabung di JOIN adalah tantangan tersendiri. “Saya berharap untuk tidak pongah menjadi pengurus JOIN dan konsen memberi manfaat,” ujarnya.

Selain kuantitas, kata Rifai, anggota JOIN diharap tetap menjaga etika dalam menjalankan tugas jurnalistik dan terus menjaga sebagai indikator kualitas,” ujarnya.

“Harus diingat jika JOIN bukan satu-satu wadah jurnalis (wartawan) hingga persahabatan dan kekerabatan se profesi dijaga. Jangan melemahkan rekan-rekan lain untuk kepentingan pribadi dan kelompok,” ujarnya lagi.

Dikatakannya, jangan seperti “Raja” yang mengatur setiap gerak-gerik jurnalis baik yang ada di JOIN maupun rekan yang memilih organisasi lain. “Tak boleh memasung kreatifitas sesama dalam menjalankan tugas jurnalistik, “pungkasnya.

Diakhir keterangannya, Rifai berharap anggota JOIN tampil elegan menjalin interaksi ke sumber berita dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) serta maksimalkan agar tetap beritikad baik untuk menghindari gelar jurnalis koboi. “Andalkan senjata untuk membunuh (karakter) orang,” tambah Rifai lagi.(pr)

 

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close