Ragam

Evaluasi KRPL Di Desa Kalirejo Untuk Tingkatkan Ketahanan Dan Kemandirian Pangan

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat, Senin (26/2/18) melaksanakan evaluasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Kegiatan yang sempat diguyur hujan itu dihadiri seluruh tim penggerak PKK Dusun Krajan dan Pokja 3 di Desa Kalirejo, Kades Kalirejo Eva Tristian Elti, SPd, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Titik Susanto (istri Camat Kabat), dan tim penggerak PKK Kabupaten.

Evaluasi KRPL di Desa Kalirejo itu berlangsung sejak pukul 12.30 WIB hingga pukul 16.30 WIB. Pelaksanaan evaluasi bertujuan untuk memotivasi warga agar lebih bersemangat menjaga kebersihan lingkungan. “Dan kami juga berharap dengan adanya evaluasi ini, warga bisa lebih maju dan lebih produktif dibanding dengan sebelumnya,” tutur Kades Kalirejo, Eva.

Ditambahkan, dasar KRPL adalah memanfaatkan pekarangan yang ramah lingkungan dan dirancang untuk ketahanan dan kemandirian pangan. Pemanfaatan pekarangan juga dirancang untuk meningkatkan konsumsi aneka ragam sumber pangan lokal dengan prinsip gizi seimbang. Sehingga diharapkan hal itu berdampak menurunkan konsumsi beras.

“Melalui penanaman dan pengelolaan sumber pangan itu maka petani dan masyarakat telah melakukan pelestarian sumber daya genetik yang sangat bermanfaat bagi kehidupan generasi mendatang. Bila gerakan pengembangan KRPL dapat dilakukan dengan baik, diharapkan bisa mempercepat terwujudnya ketahanan pangan nasional yang semakin tangguh,” tandas Kades Eva.

Sementara Titik Susanto selaku Tim Penggerak PKK Kecamatan Kabat, berharap evaluasi KRPL tidak hanya berhenti di sini. “Semoga ini bisa menjadi program yang berkelanjutan, dan bisa menjadi inovasi PKK Desa sehingga bisa diikuti 13 desa lain di Kecamatan Kabat,” harapnya. (red)

Caption :
– Suasana evaluasi KRPL di Desa Kalirejo Kabat
– Kades Eva bersama Titik Susanto ketua Penggerak PKK Kecamatan Kabat

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close