Daerah

Diduga Ikut Kampanye Salah Satu Paslon Cagub Cawagub, Kades Aliyan Diperiksa Panwaslu Rogojampi

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Keikutsertaan Kades Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Anton Sujarwo mengacungkan dua jari tangan kanan yang diduga sebagai simbol dukungan tehadap paslon Gubernur dan Wagub Jatim No urut 2, Minggu (25/2/18) lalu, ternyata berbuntut. Selasa (27/2/18) pukul 10.30 WIB hingga 12.30 WIB, Anton menjalani pemeriksaan untuk klarifikasi di Kantor Panwaslu Kecamatan Rogojampi, oleh Ketua Panwaslu Irfan Hidayat beserta anggotanya.

Ketua Panwaslu, Irfan Hidayat menyatakan, acungan dua jari tangan kanan berkonotasi mengarah pada dukungan paslon nomor urut 2, Gus Ipul – Puti Soekarno. “Hal itu diakui dan dibenarkan oleh Kades Aliyan, namun ia mengaku tidak menyangka kalau itu dikonotasikan sebagai dukungan terhadap paslon nomor urut 2. Ia melakukan itu hanya mengikuti ajakan Sugirah (anggota DPRD Fraksi PDIP),” tutur Irfan Hidayat.
Dari hasil pemeriksaan, tambah Irfan lagi, Kades Aliyan mengakui selaku kades dan pejabat aparatur sipil negara, dirinya harus netral. Dirinya tidak diperbolehkan memihak pada salah satu calon dalam Pilgub Jatim.

“Hasil dari klarifikasi pada Kades Aliyan ini akan kami sampaikan ke Banwaslu Kabupaten Banyuwangi. Langkah selanjutnya serta keputusan dari kasus ini berada di tangan Banwaslu Kabupaten,” tandas Irfan lagi.

Sementara Kapolsek Rogojampi, Kompol Suharyono menyatakan, tindakan Kades Aliyan, Anton Sujarwo itu dilakukan saat transit di rumah Slamet di Dusun Krajan, Desa Aliyan, usai mengikuti jalan sehat bertema ‘Kampung Guyub Rukun JTV’ yang diberangkatkan Sugirah. “Saat itu Sugirah mengajak orang-orang yang ada di ruang tamu termasuk Kades Aliyan dan pemilik rumah untuk mengacungkan dua jari tangan,” ujar Kompol Suharyono. (Hakim Said/red)

Caption : Kapolsek Rogojampi Kompol Suharyono saat dikantor Panwaslu Kecamatan Rogojampi bersama mitra kerjanya

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button