Sulbar

Firdaus Gigo Suara Insani : Pemulangan 164 WNI Ditunda

Sulbar.Beritanasional.id –Jadwal pemulangan 164 WNI Pelawat bukan pekerja Migran Indonesia yang sebelumnya diberitakan akan tiba pada Rabu (13/05/2020),mengalami penundaan

Hal ini dikonfirmasi oleh Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM selaku Staf Khusus Gubernur Bidang Tenaga Kerja dan Hubungan Kerjasama Luar Negeri Provinsi Sualwesi Barat.

Sebelumnya 164 WNI pelawat, bukan Pekerja Migran Indonesia dipulangkan sebagai akibat dari lockdown yang diterapkan oleh Pemerintah Malaysia dan rencananya dipulangkan ke tanah air melalui pelabuhan Tunontaka Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Namun karena terjadi perbuhan jadwal keberangkatan KM. Thalia yang akan mengantar WNI dari Pelabuhan Tunon Taka Nunukan ke Pelabuhan Nusantara Pare-pare, maka jadwal keberangkatan kapal penjemput dari Nunukan ke Tawau akan dilaksanakan pada Hari Jum’at sore (15/05/2020) dan diperkirakan tiba di pelabuhan parepare pada hari Minggu pagi (17/05/ 2020).

Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM kepada media melalui scan surat pemberitahuan Pemda Nunukan Kepada Konsulat RI bahwa penjemputan WNI akan menggunakan dua armada kapal yaitu KM. Purnama dan KM. Prancis.

Selanjutnya harapan dari BP3TKI Nunukan Kombes Pol. Hotma Victor Sihombing dalam pesan yang diteruskan oleh Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM, menyampaikan agar para WNI yang dipulangkan tersebut dapat di terima oleh masing masing Dinas Tenaga Kerja dan instansi terkait lainnya hingga dipulangkan sampai ke daerahnya masing-masing, mengingat kondisi wabah Covid-19 saat ini.

“Untuk Sulbar, Kami telah mengkoordinasikan kembali hal ini kepada Gubernur Sulbar dan juga menyampaikan penundaan ini kepada Stake Holder terkait di Provinsi Sulbar, sehingga semua tetap siap siaga dalam pelayanan penjemputan dengan SOP/ Standar upaya pencegahan Covid-19”. Tegas Firdaus Gigo Atawuwur, S.Pd., MM, yang juga pemerhati WNI dan Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button