DaerahRagamSumateraSUMUT

Forkopimca Tanjung Pura Lakukan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Makam Pahlawan

BeritaNasional.ID, Langkat – Memperingati akan jasa-jasa para pahlawan yang ada di makam Veteran, tepatnya diareal lingkungan Masjid Azizi Tanjung Pura, Kecamatan Tanjung Pura, Kabupaten Lagkat, Sumut. Pihak Forkopimca Tanjung Pura, menggelar kegiatan apel dan renungan suci, Rabu 17 Agustus 2022, pukul 00.00 WIB.

Kegiatan renungan suci bermakna untuk memberikan penghormatan sebesar-besarnya kepada arwah para pahlawan, yang telah mengorbankan jiwa raganya demi meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Informasi dirangkum beritanasional.id, Inspektur upacara dikegiatan itu dipimpin Danramil 11 Tanjung Pura, Kapten Arm Defrinal, didampingi Camat Tanjung Pura Muhammad Nawawi, S.STP, Kapolsek Tanjung Pura AKP Surahman, S.H.

Turut hadir pada kegiatan apel dan renungan suci itu antaralain, Kepala KUA Tanjung Pura, anggota Koramil 11 Tanjung Pura, anggota Polsek Tanjung Pura, ASN Kantor Kecamatan Tanjung Pura, Kepala Desa se-Kecamatan Tanjung Pura, angota PPM Tanjung Pura, PKPPI Tanjung Pura, Ormas PP Tanjung Pura, tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat di Tanjung Pura.

Adapun rangkaian kegiatan yang dilakukan pada kegiatan tersebut, antara laporan komandan upacara, penghormatan kepada arwah para pahlawan, mengheningkan cipta, pembacaan apel kehormatan dan dilanjutkan mematikan lampu. Pada saat mati lampu, kemudian api obor dihidupkan.

Selanjutnya rangkaian dengan pembacaan Do’a, peletakan karangan bunga oleh inspektur upacara. Selanjutnya penghormatan kepada arwah para pahlawan, laporan komandan upacara kepada Inspektur upacara bahwa upacara di kegiatan tersebut selesai. Kegiatan apel kehormatan dan renungan suci di makam pahlawan selesai pukul 00.15 WIB.

Sebelumnya diketahui, di areal makam Vetran pahlawan di lingkungan Masjid Azizi Tanjung Pura, terdapat 97 makam pahlawan, diantaranya 91 makam angkatan bersenjata, 4 makam pegawai negeri dan 2 makam pahlawan tidak dikenal. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button