DaerahJawa TimurRagamSitubondoWisata

Free Diver Kibarkan Bendera Merah Putih di Dasar Laut Pantai Lempuyang Taman Nasional Baluran Situbondo

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Menyemarakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Free Diver se Jatim Kibarkan Bendera Merah Putih di dasar laut di Teluk Pantai Lempuyang Labuhan Merak kawasan Taman Nasional Baluran, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo, Selasa (8/8/2023).

Sebanyak 50 Penyelam free diving bersama kepala resort Balanan Taman Nasional Baluran melakukan parade merah putih dan pengibaran bendera merah putih di dasar laut ini dilaksanakan untuk mengenang patriot bangsa yang telah gugur dalam merebut Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia dari tangan penjajah.

Keterangan yang disampaikan Ketua Spearfishing Situbondo Radik Heriosa mengatakan, Pantai Teluk Lempuyang dipilih sebagai spot pengibaran bendera Merah Putih pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-78 ini, karena di tempat ini ada Trianggulasi peninggalan masa Kolonial Belanda.

Disamping itu, sambung Radik Heriosa, di kawasan Labuhan Merak juga rawan dengan ilegal fishing dengan Bom Ikan, sehingga para Divers terketuk hatinya untuk ikut Kampanye Stop Bom Ikan, bersih bersih dasar Laut dari sampah plastik dan edukasi kepada nelayan mengenai pentingnya konservasi bahari.

Selain itu, lanjut Radik Heriosa, juga turut mempromosikan pesona bawah laut terumbu karang yang ada di Pantai Lempuyang yang indah dan wajib dijaga kelestariannya. “Selain kita mengibarkan bendera Merah Putih, para penyelam yang berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Probolinggo, Jember, Banyuwangi dan Situbondo ini mengkampayekan kelestarian terumbu karang dan mengedudukasi nelayan agar tidak mengebom ikan,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Radik Heriosa, namun dia juga menjelaskan para penyelam juga melakukan Camping Ground semalaman menikmati suasana alam liar yang jauh dari akses listrik maupun jaringan internet. “Kita menikmati suasana malam dan menyatu dengan alam di Pantai Lempuyang kawasan Taman Nasional Baluran,” pungkasnya. (Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button