AcehDaerah

Gajah Tanpa Kepala Ditemukan di Aceh Timur

BeritaNasional.ID, ACEH TIMUR — Gajah jantan yang berumur sekitar 15 tahun ditemukan mati dengan kondisi tanpa kepala di Afdeling V PT. Bumi Flora, Desa Jambo Reuhat, Kecamatan Banda Alam, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, pada Minggu (11/07) sore.

Untuk mengetahui penyembab kematian sejumlah anggota dari Unit Identifikasi Satreskrim Polres Aceh Timur bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh melakukan nekropsi atau pemeriksaan kematian gajah tersebut.

Pantauan awak media, Kasat Reskrim Polres Aceh Timur AKP Dwi Arys Purwoko, S.I.P.,S.I.K bersama anggotanya melakukan penyisiran dalam radius 100 meter dari lokasi. Hal ini untuk mengetahui apakah ada benda-benda yang mencurigakan.

Tindakan selanjutnya Kanit Identifikasi Satreskrim Polres Aceh Timur Bripka Mirza Alvaro bersama Tim Dokter dari BKSDA Aceh yang diketuai drh. Rosa melakukan nekropsi.

Nekropsi ini bertujuan untuk mengetahui apa penyebab kematian gajah yang mati dengan melakukan pembedahan untuk mengambil hati, jantung, usus, limpa, lidah dan cairan usus dan kotoran gajah.

Sampel yang diambil akan dibawa ke Laboratorium guna diteliti apa penyebab kematian gajah yang diperkirakan berumur 15 tahun.

“Untuk hasil lab itu sendiri, sekitar satu bulan ke depan baru bisa diketahui secara pasti apa penyebab kematian satwa yang dilindungi ini” ungkap drh. Rosa, Senin (12/07/2021).

Sementara itu dengan tegas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H kepada media menyampaikan, menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membunuh atau meracuni satwa dilindungi tersebut, “selain melanggar hukum juga akan merusak habitat alam.” Tegasnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button