Ragam

Gandeng Polres, Lapas Banyuwangi Gelar Sosialisasi Anti Narkoba & HIV/AIDS

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Terhenyak dan nampak kaget Erna Agustina selaku manager program KPA Banyuwangi, dengan jumlah yang begitu fantastis saat dia dengar data Komisi Penanggulangan AIDS/HIV. Karena terhitung hingga bulan Juli 2018, warga Banyuwangi yang positif terjangkit penyakit menular HIV/AIDS sudah mencapai angka 3603 (tiga ribu enam ratus tiga).

“Penyakit tersebut dapat menular dari aktivitas sex bebas, jarum suntik yang digunakan dalam pemakaian narkoba secara bergantian, jarum untuk membuat tatto dan jarum untuk menindik yang tidak steril, serta dari ibu terjangkit HIV yang melahirkan seorang bayi,” lontar Erna Agustina.

Mengingat hal itu, kata Erna, bagi seorang ibu yang terjangkit penyakit HIV/AIDS, bila hendak melahirkan bayinya dianjurkan untuk melakukan persalinan secara caesar dan tidak memberikan air susu ibu (ASI) dengan cara tidak menyusui anaknya. “Mari kita bersama-sama menjaga agar penularan penyakit tersebut bisa ditekan dan tidak terus bertambah jumlah warga Banyuwangi yang terjangkit,” imbuhnya.

Sementara Kasat Resnarkoba Polres Banyuwangi, AKP Moh. Indra Nadjib menjelaskan, Polres Banyuwangi sejak 2017 hingga 2018 pengungkapan kasus narkoba terus meningkat. “Ditahun 2017 kita berhasil ungkap 223 kasus narkoba. Dan pada 2018 sampai hari ini sudah berhasil mengungkap lebih dari 200 kasus narkoba,” ungkap perwira jebolan Akpol yang segera mutasi sebagai Kasatreskrim di Polres Ngawi ini.

Untuk itu, perwira asal Aceh ini menghimbau agar seluruh masyarakat Banyuwangi ikut turut serta dalam membasmi peredaran narkoba di Bumi Blambangan ini. “Sosialisasi anti narkoba gencar digelar guna mengingatkan kepada seluruh masyarakat jika narkoba akan merusak generasi bangsa. Mari bersama-sama turut berjuang membasmi peredaran narkoba,” tambah Indra.

Diketahui, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Banyuwangi bekerjasama dengan Polres Banyuwangi dan Media Memo Timur menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Anti Narkoba dan HIV/AIDS. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI).

Dalam kegiatan ini juga dimeriahkan Band Kapok dan Band Rege binaan Lapas Banyuwangi dengan personil dari WBP. Selain itu juga ada penyanyi dari luar Lapas yang turut memeriahkan kegiatan tersebut. (red)

Caption : Suasana Sosialisasi Anti Narkoba dan HIV/AIDS di Lapas Kelas II B Banyuwangi, Sabtu (11/8/18)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close