DaerahPendidikanRagamSulawesi

Gelar Orasi Ilmiah, Ketua KNPI Buteng: Pemuda Harus Menjadi Katalisator dan Fasilitator dalam Bangsa Yang Berkelanjutan

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – Dalam rangkaian kegiatan memperingati hari sumpah pemuda ke-93, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Buton Tengah (Buteng) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar lomba orasi ilmiah tingkat SMA/SMK/MA se Kabupaten yang bertempat di gedung kesenian Mawasangka, Sabtu(30/10/2021).

Mengangkat tema “Pemuda dan Korupsi”, KNPI Buteng ingin menanamkan kepada generasi muda khusunya, dikalangan siswa SMA/MA/SMK sejak dini bahwa korupsi merupakan tindakan yang sangat tercela dan merugikan Negara serta masyarakat.

Ketua DPD KNPI Buteng, Firman Kasim, dalam sambutannya menuturkan bahwa menjadi sangat penting untuk mengenalkan pemuda sebagai pelopor pembaharuan dalam mencegah tindak korupsi.

“Ini menjadi tanggungjawab kami DPD KNPI Buton Tengah sehingga merancang sebuah kegiatan awal lomba orasi ilmiah,” ucap Firman Kasim dalam sambutannya.

Kegiatan tersebut tambahnya, nanti akan menjadi tangga untuk mengikuti lomba ditingkat provinsi yang akan diadakan oleh KNPI Provinsi Sultra kedepan.

“Kegiatan ini nanti akan ditindaklanjuti oleh KNPI Provinsi yang diikuti oleh seluruh SMA/SMK/MA se Sulawesi Tenggara. Untuk juaranya nanti akan mendapatkan beasiswa masuk perguruan tinggi,” katanya.

Dikatakan pula oleh Firman, lomba orasi ilmiah merupakan program kerja KNPI Buteng sebagai bentuk tanggungjawab kepemudaan dalam melahirkan kader-kader potensial di Buton Tengah dengan mendorong peran pemuda dalam upaya pencegahan tindak korupsi diantaranya melalui pendidikan anti korupsi.

“Kita (pemuda) harus menjadi aktor, karena korupsi menjadi tanggungjawab kita untuk menyelesaikannya melalui edukasi sejak dini,” ulasnya.

Olehnya itu sebagai wadah berhimpunnya pemuda, KNPI harus menjadi katalisator sekaligus fasilitator dalam menuju bangsa yang berkelanjutan.

“Salah satunya adalah dengan mendorong peran pemuda dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi melalui pendidikan anti korupsi,” tandasnya.

Diketahui, lomba orasi ilmiah yang digelar KNPI diikuti oleh SMA/SMK/MA se Buton Tengah yakni, SMAN 1 Mawasangka Timur, SMAN 2 Lakudo, SMAN 3 Mawasangka, SMAN 1 Mawasangka Tengah, SMKN 1 Mawasangka, SMKN 2 Mawasangka, SMAN 1 Mawasangka dan SMAN 2 Mawasangka.

Peserta Orasi Ilmiah
Peserta Orasi Ilmiah

Sekolah yang meraih juara satu (1) akan memperoleh hadiah sebesar Rp 1.500.000 plus tropi. Juara dua (2) akan memperoleh hadiah Rp 1.000.000 plus tropi dan juara tiga (3) memperoleh hadiah Rp 500.000 plus tropi (Win).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button