Daerah

Gelar Reses di Mawasangka, Saadia Banjir Aspirasi Warga

BERITANASIONAL.ID, BUTON TENGAH – BUTON TENGAH –Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah, Saadia, S.Ag melaksanakan kegiatan reses di dua tempat di Kecamatan Mawasangka yakni di Kelurahan Watolo dan Desa Polindu.

Selama dua hari digelar, Saadia menjumpai konstituen di daerah pemilihannya (Dapil Kecamatan Mawasangka) mendengar langsung aspirasi masyarakat.

Dilaksanakan ditempat terbuka, reses ini dihadiri puluhan warga baik unsur pemerintahan kelurahan dan desa, tokoh masyarakat, kelompok petani, nelayan, pemuda dan ibu-ibu serta masyarakat umumnya.

Anggota DPRD Buton Tengah, Saadia, S.Ag menjelaskan, kegiatan reses merupakan kewajiban yang dilaksanakan oleh DPRD masing-masing Dapil sesuai undang-undang. Reses ini bertujuan menampung suara aspirasi secara langsung terkait usulan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

“Alhamdulilah kegiatan reses di dua tempat baik di Kelurahan Watolo dan Desa Polindu dapat terlaksana dengan baik, berjalan lancar dengan sambutan antusias warga yang menyuarakan aspirasinya. Insya Allah aspirasi warga melalui reses ini sudah menjadi kewajiban saya untuk diperjuangkan untuk direalisasikan,” ucap Saadia, Selasa (20/9/2022).

Lanjutnya, Anggota DPRD Buteng tiga periode dari Fraksi Golkar ini mengatakan, aspirasi usulan masyarakat cukup banyak, namun hanya beberapa usulan menjadi prioritas.

 

Untuk di Kelurahan Watolo yakni pembangunan pelabuhan rakyat, jembatan layang, jalan setapak dan usulan bantuan hewan unggas (bebek). Kemudian untuk di Desa Polindu pembangunan jalan tani, modal usaha, bantuan hewan ternak, sumur bor, bantuan bagi nelayan rumput laut, bantuan pembibitan tanaman untuk petani.

“Setelah mendengar usulan aspirasi masyarakat akan ditindaklanjuti dan diusulkan dalam Rapat Kerja Pemerintah (RKP) bersama DPRD dan Pemda Buteng. Nantinya usulan ini akan dipilih yang mana saja menjadi prioritas untuk direalisasikan di rancangan APBD tahun 2023 mendatang,” jelasnya.

 

Kunjungan Anggota Banggar DPRD Buton Tengah, Saadia, S.Ag disalah satu lokasi jembatan Layang Kelurahan Watolo yang memprihatinkan (Foto: IST/Beritanasional.id)
Kunjungan Anggota Banggar DPRD Buton Tengah, Saadia, S.Ag disalah satu lokasi jembatan Layang Kelurahan Watolo yang memprihatinkan (Foto: IST/Beritanasional.id)

Ketua Korps HMI Wati (KOHATI) Buton Tengah ini menambahkan, anggota DPRD memiliki kewajiban untuk menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat daerap pemilihan. Oleh kerena itu, kegiatan reses diharapkan masyarakat dapat menawarkan usulan yang diinginkan agar dapat diketahui untuk ditindaklanjuti.

“Dengan adanya kegiatan reses dapat secara langsung masyarakat konsultasikan hal-hal apa menjadi usulan kebutuhan mereka inginkan. Apakah itu terkait pembangunan infrastruktur, tentang kesehatan, bantuan untuk nelayan dan petani serta kebutuhan lainnya yang perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah. Dan kami (DPRD) sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab untuk memperjuangkannya agar terwujud,” tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan reses masa sidang III tahun 2022, Anggota DPRD Buteng, Saadia akan menyasar dua kelurahan dan empat desa diantaranya, Kelurahan Watolo, Kelurahan Mawasangka, Desa Polindu, Desa Tanailandu, Desa Banga dan Desa Oengkolaki. (Adv)

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button