TNI Dan Polri

Gelegar Pesawat Tempur Hawk 100/200 di Langit Medan

BeritaNasional.ID Medan – Beberapa hari mendatang masyarakat kota Medan dan sekitarnya akan mendengar gelegar suara pesawat yang berasal dari pesawat tempur Hawk 100/200 yang terbang di langit Medan.

Kedatangan pesawat tempur Hawk 100/200 di Lanud Soewondo Medan dalam rangka melaksanakan latihan Operasi Pertahanan Udara Kilat dan Cakra C-20 tahun 2020 Kosekhanudnas III Medan, Selasa (18/2/2020).

Pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skadron Udara 12 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru ini tiba di Lanud Soewondo Medan pada hari Sabtu (15/2), dan keesokan harinya Minggu (16/2), pada acara Soewondo Air Force Open Day bertempat di apron charlie, diberikan kesempatan bagi masyarakat kota Medan untuk melihat dari dekat dan mengabadikannya dengan berfoto berselfi ria di static show Alutsista TNI AU, baik pesawat tempur Hawk 100/200, Helikopter maupun alutsista lainnya. Tidak ingin terlewatkan momen ini, ribuan masyarakat kota Medan sekitarnya, mulai dari anak-anak hingga orang tua datang memenuhi apron Charlie untuk melihat Alutsista TNI AU maupun menyaksikan atraksi dan hiburan lainnya.

Latihan Operasi Pertahanan Udara di Medan ini direncanakan selama Dua Minggu yang bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan para Perwira Penerbang agar dapat melaksanakan tugas dalam mengantisipasi kemungkinan akan terjadinya gangguan, ancaman serta pelanggaran wilayah kedaulatan NKRI di udara oleh pihak lain. Serta untuk meningkatkan dan mempertahankan kemampuan serta tetap terpeliharanya keahlian terbang, untuk itu dibutuhkan latihan yang berkesinambungan dengan kondisi cuaca maupun situasi siang ataupun malam sehingga para Perwira Penerbang dapat mengatasi berbagai tantangan tugas yang dihadapi.

Selain itu, juga untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan personel serta melatih dalam menghadapi kontijensi dan situasi kritis yang mungkin timbul di wilayah Kosekhanudnas III pada masa mendatang. Latihan ini juga berguna untuk pembinaan kesiapsiagaan personel satuan radar maupun personel unsur tempur sergap yang ada dibawah kendali Kosekhanudnas III. Hal ini akan terwujud apabila para peserta latihan menguasai sistem pertahanan udara dan petunjuk Protap yang telah ditentukan, serta melaksanakan sesuai aturan.

Pada latihan Operasi Pertahanan Udara kali ini melibatkan Pesawat Tempur Hawk 100/200, Helikopter, pesawat Hercules, para Perwira Penerbang, Teknisi, SAR dan personel pendukung lainnya.

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close