DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Gempa di Jember, Terasa Hingga di Rutan Kelas IIB Situbondo

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Gempabumi yang terjadi hari Selasa 6 Desember 2022 sekitar pukul 13.07.48 WIB di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa, Jember, yang memiliki parameter update dengan magnitudo M6,0 terletak pada koordinat 10,70° LS ; 113,38° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 223 Km arah Selatan Kota Jember, Jawa Timur pada kedalaman 10 km, getarannya hingga ke Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo.

Keterangan yang disampaikan Kepala Rutan Kelas IIB Situbondo, Rudi Kristiawan mengatakan, getaran gempabumi berkekuatan 6,2 SR tidak berpotensi Tsunami disekitaran Kabupaten Jember, getarannya dirasakan hingga Rutan Situbondo. “Untuk mengetahui fasilitas dan bangunan serta kondisi Warga Binaan Rutan Kelas IIB Situbondo, kami bersama Kepala KPR, Kasubsi Pengelolaan serta Komandan jaga melakukan pengecekan,” jelas Kepala Rutan Situbondo.

Dari hasil pengecekan tersebut, sambung Rudi Kristiawan, seluruh bangunan dan Warga Binaan Rutan Kelas IIB Situbondo dalam keadaan aman, kondusif dan tidak terjadi kerusakan dari efek gempa tersebut. “Untuk mengantisipasi terjadinya gempa susulan, maka saya menghimbau kepada Warga Binaan dan Petugas Rutan agar waspada,” tuturnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi Kristiawan, namun dia juga menjelaskan ketika terjadi gempa tidak ada kepanikan terhadap warga binaan Rutan Situbondo Cuma mereka sangat merasakan getaran gempa tersebut. “Dengan terjadinya getaran gempa di Rutan Situbondo, saya langsung melakukan kordinasi dengan BMKG, Pemkab Situbondo dan APH setempat,” pungkasnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button