ACEHTNI Dan Polri

Gencar Laksanakan Vaksin, Gerai Vaksin Polres Aceh Taming Capai 2000 Orang Perhari

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG — Pelaksanaan vaksinasi di Aceh Tamiang sehari hampir mencapai 2000 orang di 15 gerai yang dibuka Polres Aceh Tamiang disejumlah kecamatan yang ada di kabupaten tersebut, Kamis (9/12/2021)

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Imam Asfali SIK melalui Kasubag Humas, Iptu Untung Sumaryo kepada BERITANASIONAL.ID, Kamis (9/12/2021) mengatakan, guna memudahkan warga yang belum divaksin untuk dapat melakukan suntik vaksin, setiap hari pihaknya membuka gerai vaksin di sejumlah titik lokasi yang berada di 12 kecamatan.

“Hampir semua kampung di Aceh Tamiang belum mencapai 100 persen warga yang divaksin karenanya Kapolres memerintahkan seluruh jajarannya gencar membuka gerai vaksin di 213  kampung yang ada di Aceh Tamiang,” ujar Untung.

Dalam mensukseskan vaksinasi massal ini, Polres Aceh Tamiang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat menurunkan 98 vaksinator di 15 lokasi.

“Ada 98 Vaksinator kita terjunkan di 15 titik lokasi Gerai Vaksin Polres Aceh Tamiang. Dengan 98 Vaksinator yang ada untuk 15 titik lokasi ini, kita berharap dapat memudahkan masyarakat untuk vaksin dan tercapainya target kita secara nasional untuk vaksin,” sebutnya.

Untung menjelaskan 15 lokasi itu antara lain, di Kampung Sungai Liput digelar Polsek Kejuruan Muda dengan terget para lanjut usia (Lansia) dan remaja diatas 18 tahun.

Selanjutnya, Polsek Karang Baru membuka gerai vaksin di Kampung Pahlawan kemudian Polsek  Kualasimpang di Kampung Perdamaian , berikutnya lagi Polsek Bendahara membuka gerai vaksin di SMAN 1  Bendahara dengan sasaran para pelajar yang belum divaksin, guru  juga warga Kampung Seuneubok Dalam Kecamatan Bendahara.

Untuk mensukseskan program vaksinasi ini, Polres Aceh Tamiang lanjut Kasubag Humas ini, membentuk tiga tim, masing – masing tim mempunyai tugas dan tanggungjawab yang berbeda.

” Ada tiga tim utama, masing – masing Tim Pertama untuk Sosialisai, Tim Kedua yaitu Tim Data serta Tim Ketiga Tim Pemantau,” tegasnya.

Untung menjelaskan Tim pertama bertugas melakukan sosialiasi pentingnya setiap warga melakukan suntik vaksin guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona disamping vaksin juga berguna membentuk imunitas tubuh sehingga warga terhindar dari paparan COVID-19.

Selanjutnya, Tim Kedua mendata warga yang belum divaksin dan diajak untuk melakukan vaksin. Dalam menjalankan tugasnya personil polisi melakukan kordinasi dengan perangkat desa setempat. Kemudian, tim kedua membuka gerai vaksin untuk dilaksankan vaksinasi massal kepada warga yang belum di vaksin

Dan Tim berikutnya, memantau pelaksanaan vaksin agar berjalan sukses termasuk memantau kondisi warga pasca pelaksanaan vaksin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan sampai  warga yang bersangkutan pulang dengan kondisi sehat seperti sedia kala.

Pada kesempatan tersebut, aparat polisi dilapangan juga menyampaikan pesan Kapolres, agar warga yang sudah divaksin ikut mensosialisasikan kepada warga lainnya bahwa vaksin sangat  bermanfaat bagi kesehatan dalam rangka mencegah paparan covid dan membentu imunitas kelompok sehingga terhindar dari COVID-19.

“Semua pihak kita ajak untuk melakukan sosialisasi manfaat vaksin agar capaian vaksin di Aceh Tamiang terus meningkat dan tuntas,” ujar Untung lagi

Selain itu juga disampaikan, meski warga sudah divaksin agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan yakni sering memakaia masker saat berada diluar rumah, sering mencuci tangan menggunakan sabun  dengan air yang mengalir atau memakai sanitizer dan menjaga jarak saat berada diluar rumah dengan menghindari kerumunann serta tidak bepergian keluar daerah jika tidak ada keperluan mendesak.[]

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button