Politik

Gerindra Tidak Yakin JK-AHY Akan Teralisasi Di Pilpres 2019

BeritaNasional.ID Jakart – Partai Gerindra tak yakin duet pasangan Jusuf Kalla dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan teralisasi di Pilpres 2019. Wakil Sekretaris Partai Gerindra Andre Rosiade tak yakin JK mau diduetkan dengan putra Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu.

Alasannya, kata Andre, pernyataan JK yang ingin pensiun dari hingar bingar politik nasional. Faktor keluarga dan usia senja alasan JK berhenti usai periode kepemimpinannya berakhir.

“Beliau ingin pensiun mengurus cucu, kami tak yakin JK maju bersama AHY,” kata Andre kepada wartawan, Selasa (3/7/2018).

Selain faktor pribadi JK, alasan teknisnya pun dirasa sulit. Apalagi suara Demokrat belum mencapai 20 persen suara sah nasional sebagai ambang batas syarat pencalonan presiden. Mau tidak mau Demokrat harus mengajak dan membentuk koalisi.

Secara kalkulasi politik dan hitung-hitungan di atas kertas sepertinya sulit bagi Demokrat. Apalagi Partai Golkar sebagai partainya JK sudah resmi menyatakan dukungan ke Presiden Joko Widodo.

“Partainya apa, terus siapa yang mau mendukung JK-AHY,” pungkasnya.

Sebelumnya Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahean mengatakan, Partai Demokrat memasukkan nama Wakil Presiden Jusuf Kalla sebagai calon alternatif untuk diusung di Pilpres 2019. Nama JK diusulkan bersanding dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Salah satunya Pak JK. Ada suara-suara kader yang mengusulkan nama Pak JK berpasangan dengan AHY. Tentu itu suara kader yang dipertimbangkan oleh Majelis Tinggi Partai,” kata Ferdinand, Jumat, 22 Juni 2018. (Sarif/dki)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close