Daerah

Gladi Bersih Usai, 200 Gandrung Banyuwangi Siap Manggung Di Istana Negara

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Persiapan penampilan 200 penari gandrung dengan tema Gandrung Kembang Menur yang bakal manggung Istana Negara sudah rampung.

Sebagaimana dilaporkan oleh Endang Sulistyani selaku pendamping dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Banyuwangi, Selasa sore (15/8/17), usai melakukan gladi bersih dengan komposisi garapan pola lantai yang luar biasa indahnya ditarikan oleh gadis-gadis cantik dari Bumi Blambangan.

“Pertunjukan Gandrung Banyuwangi ini akan digelar setelah usai acara detik-detik proklamasi dan disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo serta para tamu undangan baik pejabat negara Indonesia maupun dari mancanegara,” tutur Endang.

Seperti diketahui, sebanyak 200 penari Gandrung yang  terdiri atas pelajar SMP dan SMA sudah diberangkatkan pada Sabtu malam (12/8/17). Mereka akan membawakan Tari Jejer Kembang Menur, kreasi baru dari Tari Jejer Gandrung Banyuwangi yang akan manggung di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Tari Gandrung Banyuwangi ini kembali diminta Presiden Joko Widodo untuk tampil pada peringatan ke-72 Kemerdekaan RI di Istana Negara 17 Agustus 2017 mendatang. Tari Gandrung ini ditampilkan sebagai penutup rangkaian upacara kemerdekaan.

Tak kurang Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mengatakan kebanggaannya atas tampilnya Tari Gandrung di Istana Negara. Karena ini merupakan penghormatan bagi seluruh warga Banyuwangi.

Bahkan sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah mengundang penari Gandrung pada peringatan Sumpah Pemuda 20 Oktober 2016 lalu.

“Kami semua bangga kepada pemerintah pusat dan Presiden Jokowi yang mempunyai semangat nyata untuk mengapresiasi kreasi seni budaya daerah. Terlebih sekarang diberi ruang pada rangkaian peringatan kemerdekaan di mana semua tamu negara hadir, mulai tokoh-tokoh penting hingga perwakilan negara sahabat. Ini menjadi penguat bahwa keberagaman budaya daerah adalah pemersatu, bukan pemecah belah bangsa. Justru dalam perbedaan yang sangat banyak, kita bisa saling menguatkan,” ucap Bupati Anas.¬†

Caption : 200 penari gandrung Banyuwangi saat gladi bersih di Istana Negara Jakarta Pusat, Selasa sore (15/817)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close