Sumatera

Gubernur Dan Wakin Gubernur Jambi 2021 – 2025

Al Haris (Kanan) Gubernur Jambi terpilih, ketika bersama Cek Endra (Kiri). Foto-Ist

BeritaNasional.ID, JAMBI- Pasangan nomor urut 3 Al Haris-Abdullah Sani, terpilih untuk menduduki kursi jabatan sebagai Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Jambi, tahun 2021- 2025. Karena dinilai lebih unggul dalam meraih suara, ketimbang dua rifalnya, pasangan nomor urut 1. Cek Endra – Ratu Munawaroh, dan pasangan nomor urut 2. Fachrori Umar (Petahana) –  Syafril Nursal.

Hal itu terungkap, dari hasil perhitungan Rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang diumum kan oleh lima Komisi Pemilihan Umum (KPU) dari Kabupaten, Kota se Provinsi Jambi, dalam sidang Pleno, di Weston Hotel, Kota Jambi. Kamis kemarin, 3 Juni 2021. Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua KPU Provinsi Jambi H.M. Subhan, dan Badan Pengawas Pemilu, serta para utusan Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur, dan sejumlah saksi lainnya.

KPU Jambi, ketika menghitung SPU

KPU Jambi, pada saat Sidang Pleno, Penetapan Hasil Perolehan Suara Ulang, di Weston Hotel Jambi. Foto- Antara.

Pilkada untuk calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Jambi ini, telah dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020 yang lalu. Hasilnya diunggulkan oleh pasal nomor urut 3. Al Haris-Abdullah Sani, Namun paslon nomor urut 1. Cek Endra – Ratu Munawaroh mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), dengan berbagai dalih dan alasannya. Sedangkan paslon nomor urut2, terkesan menerima apa adanya. Karena hasil suara yang didapatinya memang sangat minim.

Akhirnya Surat Keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi, nomor ; 127/PL.02.6-Kpt/15 /Prov/XII/2020 itu dibatalkan oleh MK, dasar surat MK nomor : 130/PHP.GUB-XIX/2021. Sehingga dilakukan Pemilihan Suara Ulang (PSU). Dengan kesimpulan suara yang ditetapkan untuk paslon nomor urut 1, 579.028 suara, paslon 2, 381.334 suara, dan paslon 3, 589.311 suara. Yang merupakan hasil dari pemilihan suara awal, 9 Desember 2020.

Kotak Pemungutan Suara Ulang Pilgub Jambi. Foto – Felldy

Kotak Pemungutan Suara Ulang Pilgub Jambi. Foto – Felldy

Dari hasil hasil perhitungan Rekapitulasi Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang dilaksanakan pada bulan Mai 2021, di 88 Tempat Pemungutan Suara (TPS), pada 41 Desa dalam 15 Kecamatan yang berada di 5 Kabupaten, Kota di Provinsi Jambi, maka paslon 1 mendapatkan 8.890 suara, dan paslon 2 mendapatkan 300 suara, paslon 3 mendapatkan 11.422 suara. Jumlah total masing masing paslon 1 mendapatkan 587.918 suara, paslon 2 mendapatkan 381.634 suara, dan paslon 3 mendapatkan 600.733 suara.   

Terkait dalam PSU yang juga kembali dimenangkan oleh paslon nomor urut 3, paslon nomor urut 1 dan paslon nomor urut 2 menyatakan menerima kekalahannya dan mengakui kemenangan paslon nomor urut 3. Akhirnya KPU Provinsi Jambi menetapkan Surat Keputusan nomor : 21/PL.02.6-Kpt/15/ Prov/VI/2021, tertanggal 3 Juni 2021, tentang penetapan hasil rekapitulasi hasil penghitungan suara ulang, dala Pilkada Calon Gubernur dan Calon wakil Gubernur Provinsi Jambi 2021- 2025.     

Edi Purwanto, Ketua DPD PDIP Jambi, yang juga Ketua DPRD Provinsi Jambi. Merupakan salah satu Tim sukses Paslon nomor urut 1, Ratu Munawaroh- Cek Endra. Mengucapkan selamat, atas kemenangan paslon nomor urut 3, dan mengajak kepada seluruh tokoh masyarakat, pihak terkait dan Gubernur Jambi terpilih. Al Haris, untuk saling bergandengan tangan, untuk membangun Provinsi Jambi. “ Pilgub Jambi sudah selesai, sudah saatnya kita bergandengan tangan,” ucap Edi Purwanto.

Sementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jambi Asnawi mengatakan pelaksanaan PSU Pilgub Jambi berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku. Tidak terdapat permasalahan yang begitu krusial yang mengganggu proses pelaksanaan PSU. Untuk itu mari kita pikirkan untuk membangun jami dimasa mendatang, agar lebih baik-lagi.

Al Haris, yang dibesarkan dari keluarga sederhana, sejak kecil selalu belajar untuk hidup mandiri, bersekolah, sambil mencari uang, dengan berjualan koran, dan bekerja serabutan. Untuk meringankan beban orang tuannya, tidak merasa berbangga diri, walaupun berhasil memenangkan Pilkada, untuk Gubewrnur Provinsi Jambi. Jumat pagi, (04/03/2021), Al Haris menyempatkan diri, bertandang kerumah Cek Endra (CE) di Sarolangun. Al Haris menyatakan, kedatanganya untuk bersilaturahmi secara pribadi dengan CE.

“ Saya datang ke rumah CE, untuk bersilaturahmi, CE senior saya, orang tua saya, atasan saya,” kata Al Haris mengaku, bahwa dirinya (Al Haris) pernah bertugas di Sarolangun, waktu itu Al Haris menduduki jabatan sebagai Kasubag rumah tangga di Pemkab Sarolangun. Sedangkan CE ketika itu menjabat sebagai Wakil Bupati Sarolangun. “ Selaku yang muda, saya wajib mengunjungi beliau,” kata Al Haris.

Kedatangan Al Haris di rumah dinas Bupati Sarolangun, juga disambut gembira, Keduanya terlihat akrab dan seakan-akan Pilgub yang melibatkan persaingan keduanya baru-baru ini seperti tidak pernah terjadi. Karena, bagi Al Haris, CE bukan orang yang baru dikenalnya. Calon gubernur Jambi terpilih ini pernah menjadi bawahan CE.

Al Haris juga mengatakan proses Pilgub yang melibatkan dirinya dengan CE merupakan dinamika politik. Dari itu, Al Haris juga mengajak seluruh masyarakat Jambi, untuk bersama sama membangun Jambi. Sementara itu, Ratu Munawaroh lewat unggahan video di media sosial juga mengungkapkan selama atas terpilihnya Al Haris-Abdullah Sani, sebagai gubernur dan wakil gubernur Jambi. (Detri/ Djohan Chaniago).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button