DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Gunakan Anggaran DBHCHT, Disnakertrans Situbondo Gelar Pelatihan Pencari Kerja dan Wirausaha Pemula

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk memberikan peluang bagi pencari kerja dan wirausaha pemula, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Situbondo berkolaborasi dengan TP PKK Kabupaten melaksanakan pelatihan kerajinan tangan kreasi kain perca, Kamis (11/8/2022).

Pelatiham yang berlangsung di Serambi kolam renang Difa Desa Langkap, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo ini, berdasarkan unit kompetensi melalui pelatihan kain perca yang menggunakan anggaran Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2022.

Keterangan yang disampaikan Kepala Dinakertrans Kabupaten Situbondo, Didik Sulistyono menjelaskan, pelatihan ini untuk memberikan keterampilan kepada para pencari kerja atau peserta pelatihan agar siap dalam mengisi kesempatan kerja baik secara mandiri maupun kelompok.

“Dengan adanya pelatihan ini diharapkan, dapat meningkatkan tarap hidup dan membuka lapangan kerja baru yang bermuara pada meningkatkan perekonomian bagi para pencari kerja. Adapun, sasaran peserta dalam kegiatan ini para pencari kerja atau keluarga petani tembakau yang ada di wilayah Kecamatan Banyuglugur, Kecamatan Besuki, Kecamatan Jatibanteng, Kecamatan Mlandingan dan Kecamatan Sumbermalang,” jelas Didik.

Dengan memanfaatkan potensi Sumber Daya Manusia dan limbah kain dalam pelatihan ini, sambung Didik, diharapkan tercipta lapangan kerja baru, sehingga dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Situbondo. “Kegiatan pelatihan bagi wirausaha pemula ini diikuti 25 peserta dari Desa Bloro Kecamatan Besuki, Desa Kalianget dan Desa Lubawang Kecamatan Bsnyuglugur, Desa Jatibanteng dan desa Wringinanon Kecamatan Jatibanteng,” jelas Kadisnakertrans.

Pelatihan ini, kata Didik, merupakan salah satu solusi dalam rangka penanggulangan pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Situbondo. “Dengan adanya pelatihan ketrampilan ini diharapkan peserta dapat membuka peluang usaha,” ujar Didik.

Menurut Didik, anggaran yang digunakan untuk pelaksanaan kegiatan pelatihan kain perca ini dari DBHCHT tahun 2022. “Untuk pelatihan ketrampilan ini kita menggunakan anggaran DBHCHT tahun 2022,” pungkasnya. (As’ad/adv)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button