DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Gunakan Program Pokir, DP3APPKB Situbondo Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Masak

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang Politik, Hukum, Sosial dan Ekonomi, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) bekerjasama dengan Wakil Ketua DPRD Situbondo Fraksi Partai Golkar Heru Sugiarto melaksanakan sosialisasi dan pelatihan masak, Rabu (7/12/2022).

Pelatihan masak olahan berbahan baku ikan yang di ikuti oleh penyandang disabilitas, ibu rumah tangga dan perempuan kepala keluarga ini berlangsung di kediaman Heru Sugiarto Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo.

“Kegiatan ini terlaksana berkat program pokir atau jasmas Wakil Ketua DPRD Situbondo Fraksi Partai Golkar, Heru Sugiarto,” jelas Drs H. Moh Imam Darmaji M.Si Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Situbondo.

Lebih lanjut, Imam Darmaji mengatakan, peserta pelatihan memasak berbahan baku ikan ini diikuti 20 peserta yang tergabung dalam Kelompok Lestari Desa Arjasa. “Mereka dilatih oleh tutor atau instuktur berpengalaman cara membuat abon ikan, pastel mini, bakso ikan, shrimp rool crispy dan bahan olahan ikan lainnya selama tiga hari. Selain itu, kita bantu cara memasarkannya,” ujar Imam Darmaji.

Dengan adanya pelatihan memasak ini, sambung Imam Darmaji, diharapkan para peserta bisa berdaya dan mampu mendapatkan tambahan penghasilan untuk meningkatkan kesejahteraan keluarganya. “Kita juga akan melakukan monitoring pasca pelatihan memasak ini agar ketrampilan mereka membuat kue bisa membuka kelompok usaha maupun per-orangan,” harap Imam.

Tak hanya itu yang disampaikan Imam Darmaji, namun dia juga mengemukakan bahwa, pihaknya akan terus meningkatkan kerjasama dengan Heru Sugiarto Wakil Ketua DPRD Situbondo melalui program pokir-nya, dengan harapan kaum perempuan yang ada di pedesaan bisa berdaya dengan ketrampilan yang dimilikinya dari pelatihan-pelatihan memasak dan pelatihan lainnya.

“Semoga pelatihan memasak olahan berbahan baku ikan melalui program pokir atau jasmas ini, bisa bermanfaat bagi warga Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Situbondo. Selain itu, kami juga berharap agar 20 peserta yang telah dilatih membuat kue berbahan baku ikan ini bisa membuka usaha,” pungkas Imam Darmaji.

Sementara itu, instruktur pelatihan pembuatan kue, Yusamma Tutwuri Handayani mengatakan bahwa, kegiatan pelatihan memasak berbahan baku ikan tongkol ini, sudah berlangsung sejak kemarin. “Mereka sudah kita latih membuat abon ikan, pastel mini dan bakso ikan sudah dilakukan sejak hari kemarin,” ujar Yusamma.

Alasan memilih bahan utama ikan, sambung Yusamma,  karena potensi lokal yang ada di Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa ini dekat dengan pantai dan para warga tidak mengetahui cara memanfaatkan ikan yang harga murah menjadi bernilai tinggi. “Biasanya ikan itu hanya digoreng dan dibalado, jadi ini didesertifikasi olahan ikan yang bisa dikonsumsi anak anak,” jelasnya.

Tak hanya membuat kue, namun 20 peserta juga dilatih untuk membua petis pedas dan sambal ikan. “Harapan kami, ibu-ibu yang mengikuti pelatihan masak ini bisa membuka wirausaha agar bisa meningkatkan kesejahteraan keluarganya,” ujarnya. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button