HeadlineJawa TimurMetro

Gunung Semeru Menyemburkan Awan Pekat Serta Hujan Vulkanik

BeritaNasional.ID, Lumajang —
Hari ini kepanikan menyerbu masyarakat di sekitar Gunung Semeru yang berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Pasalnya Sabtu (4/12/2021) Semeru menyemburkan awan panas pukul 15.00 WIB.

Awan pekat dan menimbulkan keadaan mencekam, karena sore hari tiba-tiba menjadi gelap gulita. Dari gunung api tertinggi di Jawa Timur ini awan berwarna abu-abu pekat itu terus saja bergerak mengarah ke pemukiman warga.

Kepanikan terjadi, dari rekaman video tampak suara seorang wanita berteriak

“Minta tolong saudara-saudara di sini erupsi. Sudah jam segini, jam setengah 4 cuaca sudah seperti ini, tolong minta doanya”.

Semeru memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter. Saat ini mengeluarkan hujan abu vulkanik di sekitar Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Jawa Timur dan belum diketahui apakah ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Gumpalan asap juga terlihat dialiran lahar Curah Kobokan Semeru dan terekam warga. Pihak BPBD menghimbau warga tidak beraktifitas di aliran Semeru.

Thoriqul Haq saat dikonfirmasi mengatakan, “Iya benar, kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB. Untuk kabar detail selanjutnya akan saya kabari lagi,” ungkap Thoriqul Haq.

Saat berita ini diturunkan masih belum ada keterangan pasti kondisi masyarakat di daerah terdampak

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button