Jawa Tengah

H+5 Lebaran, Kapolda Jateng Pantau Arus Balik via Udara di Jalur Tol Brebes

BeritaNasional.ID, Brebes – Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi beserta jajaran pejabat utama Polda Jateng memantau arus balik H+5 Lebaran di jalur Tol Brebes via udara, Sabtu (7/5/2022).

Kapolres dan Kasat Lantas jajaran wilayah Karesidenan Pekalongan menyambut kedatangan Kapolda Jateng yang menggunakan Helikopter di Hallypad Nasmoco Brebes.

Selain memantau arus balik, kunjungan tersebut juga dalam rangka pelaksanaan Analisa dan Evaluasi (Anev) pengamanan arus balik Lebaran 2022.

Turut mendampingi Kapolda Jateng, Karo Ops, Dirlantas, Dirkrimum, Dansat Brimob dan Dir Sabhara Polda Jateng.

“Agar petugas dilapangan mengantisipasi membludaknya pemudik di rest area dalam tol terlebih lagi saat diberlakukan one way,” ucap Kapolda.

Selain itu, Kapolda juga menyampaikan bahwa evaluasi pelaksanaan tugas pengamanan arus balik Lebaran 2022 sampai dengan hari Kamis 5 Mei 2022 total kendaraan yang sudah melewati Gate Kalikangkung kurang lebih banyak 62.000 kendaraan, sampai dengan hari Jum’at malam mencapai 68.000 kendaraan.

“Jika dilihat rata-rata harian kendaraan yang melewati Gate Kalikangkung maka arus balik sudah memuncak pada Jum’at malam, tetapi ini jangan menjadi bangga karena arus mudik yang melewati Gate Kalikangkung total sekitar 750.000 kendaraan, arus balik sampai dengan tadi malam sudah mencapai 350.000 lebih kendaraan,  sehingga kita masih harus menyiapkan tenaga dan personil secara maksimal,” papar Kapolda.

Disampaikan juga, meski prioritas pengamanan pada jalur tol namun jalur-jalur lain seperti arteri Pantura dan alternatif atau non tol jangan sampai disepelekan.

“Siagakan petugas di simpul-simpul kemacetan seperti di jalur Tengah dan Selatan Brebes tetap menjadi prioritas pengamanan,” tegasnya.

Sementara itu, Kapolres Brebes AKBP Faisal Febrianto menyampaikan bahwa kepadatan sempat terjadi di jalur tol KM 260, KM 248 serta di jalur one way di KM 252 saat pertama di berlakukannya sistem one way pada Hari Jum’at yang diakibatkan karena banyaknya Kendaraan yang akan masuk ke rest area.

“Kepadatan juga di akibatkan karena beberapa kendaraan yang hendak beralih  jalur dari jalur normal B ke jalur one way jalur A,” terang AKBP Faisal Febrianto.

Kemudian langkah langkah yang dilakukan Polres Brebes yaitu koordinasi dengan pengelola dan petugas pos PAM, dari hasil evaluasi terjadi kekurangan personil di rest area tersebut.

“Kami melakukan penambahan personil di rest area KM 260 A dan KM 252 B. Setelah dilakukan pengaturan dan melakukan sistem buka tutup di rest area, Alhamdulillah permasalahan dapat diatasi, sampai dengan saat ini arus balik di jalan tol yang melewati wilayah Kabupaten Brebes ramai lancar,” kata Kapolres Brebes.

Sementara di jalur arteri tengah dan selatan Brebes terjadi antrian dan kepadatan arus hingga wilayah perbatasan Banyumas.

“Polres Brebes sudah melakukan one way lokal sebanyak 3-5 kali dalam sehari, karena di wilayah tersebut banyak troublespot dari wilayah Banyumas sampai dengan wilayah Brebes bagian tengah, sehingga kami selalu berkoordinasi dengan Kapolresta Banyumas untuk melakukan pengaturan sehingga arus dapat berjalan dengan lancar,” ungkapnya.

Kapolres Brebes meminta para pengguna jalan untuk bersabar dan mentaati peraturan lalu lintas, juga untuk mengikuti arahan petugas di lapangan karena saat ini Polri dan stakeholder terkait tengah berupaya maksimal melalui menajemen rekayasa lalu lintas agar arus balik berjalan dengan baik.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button