AdvedtorialPemkab WajoSulawesiWajo

Hadiri Pelantikan Pengurus Pusat Hipermawa, Bupati Wajo Sampaikan Semboyan Bugis

BeritaNasional.ID, Makassar –Pelantikan Pengurus Pusat himpunan pelajar mahasiswa (Hipermawa) Wajo periode 2019-2021 di Graha Pena Makassar, Selasa 24 Desember 2019.

Bupati Wajo H. Amran Mahmud, dalam sambutannya selain menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada para Pengurus Pusat Hipermawa yang baru saja dilantik dan dikukuhkan. Ia juga sampaikan semboyan bugis.

“Dalam menjalankan roda organisasi, para Pengurus Pusat Hipermawa harus mampu mengejawantahkan semboyan mali’ siparappe’, rebba sipatokkong, malilu sipakainge. Hanyut saling menolong, jatuh saling menegakkan, khilaf saling mengingatkan,” kata Amran Mahmud.

Dan dikatakan kalau ketiga rangkaian frase ini, dikenal bernilai tinggi bagi kalangan orang Bugis dalam menjaga keberlangsungan hidupnya. Ketiganya telah menjadi etika sosial Bugis, yang menyadarkan pentingnya bantuan orang lain dalam kehidupan serta hubungan timbal balik di dalamnya.

Lanjut dijelaskan kalau perlu disadari bahwa manusia adalah makhluk sosial, sebagaimana yang diistilahkan Aristoteles sebagai zoon politicon, homo homini socius oleh Adam Smith, atau homini lupus oleh Thomas Hobbes.

Sehingga para pengurus Hipermawa patut untuk saling menolong, saling menegakkan dan saling mengingatkan sesama pelajar dan sesama mahasiswa Wajo, bahwa kita berasal dari budaya Bugis yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, yang sekaligus direkatkan oleh Pancasila dan nasionalisme.

Selain pesan-pesan yang disampaikan, Bupati juga sampaikan kalau selaku pemerintah daerah tentu akan senantiasa mengapresiasi dan mendorong Hipermawa dalam membina dan mengembangkan potensi pelajar dan mahasiswa Wajo.

“Kita pasti selalu mendorong karena Hipermawa ini sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Wajo berperan strategis dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional, penyelesaian masalah-masalah sosial kemasyarakatan, dan berfungsi dalam mengontrol kebijakan pemerintah daerah,” jelasnya.

Ia juga sampaikan kalau program dan kegiatan organisasi perlu dirancang secara kreatif dan inovatif, dengan menyertakan konten-konten utama berupa kepemimpinan, communication skill, literasi teknologi informasi dan critical thinking.

Diakhir sambutannya Bupati Wajo mengaku bahwa ia memiliki cita-cita kedepannya ada bangunam Gedung Sekretariat Hipermawa, ada tempat pertemuannya dan kamar kamar tempat menginap.

Sekedar diketahui acara ini selain dihadiri Bupati Wajo juga hadir Ketua DPRD Kabupaten Wajo, Pengurus pusat Kemawa kesatuan masyarakat Wajo, Camat Majauleng serta pengurus Komisariat Cabang dan Koperti Hipermawa.(Humas Pemkab Wajo)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close