AdvedtorialNasionalPemkab WajoWajo

Hadiri Rakornas Dibuka Presiden, Wabup Wajo: Sangat Mendukung Lahirkan 10.000 Entreprenuer

image_pdf

BeritaNasional.ID, Jakarta – Wakil Bupati Wajo H. Amran hadiri acara Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah ( TPAKD ) dan Silahturahmi Nasional Bank Wakaf Mikro 2019 di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Selasa 10 Desember 2019.

Acara yang dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dihadiri Kepala Daerah se Indonesia, dimana Wakil Bupati Wajo hadir bersama dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin A.

Dalam sambutan Jokowi ia katakan menargetkan penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) mencapai Rp 325 triliun pada tahun 2024.

Jokowi mengatakan peningkatan target penyaluran KUR bagian upaya pemerintah meningkatkan literasi dan inklusi keuangan nasional yang saat ini masih belum 100%, untuk literasi hingga saat ini baru mencapai 35%, sedangkan inklusi keuangan 75%.

“Intinya kita mau ajak seluruh daerah agar bisa mendorong seluruh rakyat kita bisa lebih mudah akses ke keuangan,” kata Jokowi.

Terpisah H. Amran selaku Wakil Bupati Wajo yang hadir dalam acara itu, mengatakan hal ini tentunya sangat mendukung program prioritas Pemkab Wajo yaitu melahirkan 10.000 entreprenuer Muda di Kabupaten Wajo hingga tahun 2024.

“Adanya TPAKD yang baru saja dikukuhkan di Kabupaten Wajo kami sangat berharap akan mengakselerasi kesempatan bagi seluruh pelaku usaha dalam memperoleh pembiayaan baik usaha _*non-bankable*_ (usaha ultra micro) yang pembiayaannya dapat diakses melalui BUMN misalnya pegadaian, maupun usaha _*bankable*_ (usaha mikro, kecil dan menengah) yang pembiayaannya dapat diakses melalui perbankan,” kata H. Amran.

Sementara Sekretaris Daerah Kabupaten Wajo H. Amiruddin ketika dikonfirmasi terkait acara itu menyampaikan bahwa Rakornas TPAKD ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan kemudahan  kepada seluruh rakyat Indonesia melakukan akses keuangan dalam rangka percepatan akses berusaha.

“Jika akses keuangan dipermudah maka rakyat akan lebih mudah memperoleh pembiayaannya terhadap usaha yang digelutinya, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat dan tentu akan meningkat kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,”ucapnya.

Sekedar diketahui dalam Rakor itu, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah terima penghargaan TPKAD Award dari Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.(Humas Pemkab Wajo)

Show More

Related Articles

Back to top button
error: Content is protected !!
Close