Bone BolangoGorontaloPemerintahan

Hamim Pou Resmi Diberhentikan, Merlan Uloli jadi Plt Bupati Bone Bolango

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO – Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli dipastikan akan menjadi orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango.

Pasalnya, Hamim Pou yang telah mengundurkan diri dari jabatan Bupati karena telah mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Anggota DPR RI di Daerah Pemilihan Sulawesi Utara itu telah diberhentikan secara resmi oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.3-3696 Tahun 2023 Tentang Pengesahan Pemberhentian Bupati Bone Bolango dan Penunjukan Pelaksana Tugas Bupati Bone Bolango Provinsi Gorontalo.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Mendagri tersebut, Wakil Bupati Bone Bolango Merlan Uloli ditunjuk untuk melaksanakan tugas dan kewenangan Bupati Bone Bolango.

Untuk diketahui, Hamim Pou dan Merlan Uloli menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango setelah dilantik oleh Gubernur Gorontalo Rusli Habibie pada tanggal 26 Februari 2021.

Sebelumnya, pasangan Hamim Pou – Merlan Uloli (HPMU) ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bone Bolango sesuai Surat Keputusan KPU Kabupaten Bone Bolango Nomor 11/PL.02.7-Kpt/7503/Kab/II/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango tahun 2020 yang dibacakan oleh Ketua KPU melalui Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango tahun 2020 yang berlangsung di gedung Kartini Kecamatan Kabila Kabupaten Bone Bolango, Jum’at (19/02/2021).

Untuk diketahui, Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bone Bolango pada Pilkada serentak tahun 2020 yang lalu diikuti oleh 4 pasangan calon yaitu, Ismet Mile – Sukandi Talani, Hamim Pou – Merlan Uloli, Rusliyanto Monoarfa – Umar Ibrahim dan Mohamad Kilat Wartabone – Syamsir Djafar Kyai.

Dari empat pasangan calon tersebut, pasangan calon nomor urut 2 atas nama Hi. Hamim Pou, S.Kom, MH dan Dr. Merlan S. Uloli, SE. MM meraih posisi pertama dengan perolehan suara sebanyak 43.099 suara atau 42,56 persen dari total suara sah. (Noka).

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button