Headline

Hamim Pou: Tradisi Tumbilotohe Tak Boleh Abaikan Syariat

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Bupati Bone Bolango Hamim Pou meminta pelaksanaan tradisi Tumbilotohe atau malam pasang lampu yang sudah menjadi budaya bagi masyarakat muslim di Gorontalo agar tidak mengabaikan syariat Islam yang telah ditetapkan bagi setiap muslim.

Hal tersebut disampaikan Hamim Pou saat melaksanakan proses adat pemasangan lampu di Rumah Dinas (Bandhayo) Bupati Bone Bolango pada Selasa, (18/4/2023) malam.

Hamim menyebutkan, tradisi masyarakat muslim Gorontalo yang sudah dilakukan sejak abad ke 15 atau 16 pada setiap penghujung Ramadhan menjelang lebaran idul fitri itu memang harus dilaksanakan untuk dilestarikan. Namun sejatinya tradisi tersebut tidak sampai melalaikan ummat Islam dalam menjalankan syariat agama yang menjadi kewajiban utama bagi ummat Islam yang diperintahkan oleh Allah SWT dan RasulNya.

“Tumbilotohe sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Gorontalo yang tidak bisa tidak dilaksanakan. Namun tradisi ini tidak boleh mengabaikan bahwa yang lebih utama adalah Syariat. Agama di atas tradisi, dan tradisi tidak boleh melampaui syariat,”tandasnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button