ACEHEkonomi

Hari Desa Asri Nusantara, Telaga Meuku Sa Tanam Ribuan Pohon

ACEH TAMIANG — Hari Desa Asri Nusantara adalah hari yang ditetapkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi untuk mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan desa yang ASRI (Aman, Sehat, Rindang, Indah).

Sebagai langkah mendukung Hari Desa Asri Nusantara tersebut Kampung Telaga Meuku Sa Kecamatan Banda Mulia menanam ribuan pohon yang tersebar di perkarangan rumah warga.

“Hari ini kita tanam 2.000 bibit Pinang Betara serta puluhan bibit Mangga di perkarangan rumah masyarakat,” ujar Datok Penghulu Kampung Telaga Meuku Sa Kecamatan Banda Mulia,  Hidayahuddiniddah, ST kepada BERITANASIONAL.ID, Kamis (20/3/2023).

Hidayahuddiniddah yang akrab Tok Din sampaikan gerakan menanam 2.000 Pohon Pinang Betara serta pohon mangga ini merupakan gerakan penghijauan mendukung Hari Desa Asri Nusantara yang juga di hadiri Camat Banda Mulia, Danramil, Kasub Sektor Banda Mulia serta Bhabinkamtibmas serta Babinsa yang pengadaaan bibitnya dari swadaya dirinya.

Menurutnya gerakan menanam pohon ini diharapkan dapat menjadi momentum bagi masyarakat untuk memperhatikan lingkungan sekitar dan menjaga keasriannya, serta menjadi langkah konkret desa demi mewujudkan penghijauan berkelanjutan.

Kemudian sambungnya keberhasilan kegiatan ini akan dapat dilihat dalam jangka panjang ketika pohon yang ditanam, terus dirawat dan tumbuh untuk masa depan yang hijau dan asri.

Dirinya berharap melalui gerakan menuju desa ASRI, dalam upaya menjaga kelestarian alam, terutama pepohonan, yang memiliki banyak fungsi tentu juga mempunyai nilai ekonomi.

“Hari ini kita tanam,  insya Allah kedepannya akan menghasilkan nilai ekonomi bagi masyarakat yang menanamnya,” sebutnya mengakhiri.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button