Daerah

Hari Ini, Musrenbangcam se-Banyuwangi Digelar Secara Online di Singojuruh

BeritaNasional.ID, BANYUWANGI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi akan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan serentak secara online. Seperti yang dilaksanakan pada Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa sebelumnya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan memberikan pengarahan melalui video conference yang diikuti seluruh stakeholder di tingkat kecamatan.

Musrenbang tingkat kecamatan online tersebut dibuka Bupati Anas di Kantor Kecamatan Singojuruh, hari ini, Rabu (5/2/20).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Suyanto Waspotondo mengatakan, setelah digelar musrenbang tingkat desa, kali ini tahapan perencanaan pembangunan di Banyuwangi untuk tahun 2021 telah masuk tahapa musrenbang tingkat kecamatan.

“Musrenbangcam ini akan menjadi tahap awal penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) di tahun depan. Dari Musrenbangcam nantinya akan berlanjut ke musren tingkat kabupaten,” ujar Yayan, sapaan akrabnya.

Disampaikan Yayan, musrenbangcam tersebut akan diikuti 25 kecamatan se kabupaten. Masing-masing kecamatan akan diikuti oleh segenap stakeholder mulai perwakilan desa, Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka), UPTD sekolah dan lainnya. Pada kesempatan ini, Bupati Anas akan memberikan arahan tentang prioritas pembangunan, mulai nasional, provinsi dan daerah.

“Arahan tersebut akan menjadi acuan bagi stakeholder kecamatan dalam menyusun rencana kerja kedepan. Agar prioritas pembangunan di kecamatan juga bisa searah dan selaras untuk menghasilkan capaian yang optimal,” terang Yayan.

Pada musrenbangcam tersebut, lanjut Yayan, kecamatan akan mengusulkan program-programnya yang perlu mendapatkan dukungan dari dana APBD kabupaten. Semua program itu akan masuk ke dalam pagu indikatif kecamatan yang pada 2021 mendapatkan alokasi sebesar Rp. 115 milyar.

“Misalnya, kecamatan bisa mengusulkan pembangunan jalan poros diwilayahnya, pembangunan atau renovasi gedung sekolah yang ada di lingkup kerjanya dan sebagainya,” ujar Yayan.

Ditambahkan Yayan, seperti musrenbangdes, musrenbangcam hari ini juga akan berlangsung secara online. Dimana 5 kecamatan akan terhubung melalui video conference dengan Bupati Anas. Dan 20 kecamatan lainnya mengikuti arahan secara live streaming.

“Jadi, ada 5 lima kecamatan akan langsung bisa berinteraksi dengan bupati. Mereka bisa menyampaikan prioritas pembangunan kecamatan kepada bupati, program yang prioritas tapi tidak tercover pagu indikatif kecamatan dicatat oleh Bappeda untuk di ajukan ke Musrenbang kabupaten,” pungkasnya. (red) 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button