DaerahSumateraSUMUT

Harimau Sumatra Berhasil Ditangkap Petugas dan Warga

BeritaNasional.ID, Langkat – Seekor Harimau Sumatra dikabarkan masuk dalam kandang jebakan milik BBKSDA Sumut, Rabu (21/12/2022) sekira pukul 10.00 WIB. Harimau yang diperangkap tersebut, berada di perkebunan milik Robin, di Dusun Arasnapal Kiri, Desa Bukit Mas, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat, Sumut. Disebut-sebut, harimau ditangkap oleh petugas BBKSDA Sumut dan SRA

(Sumatran Rescue Alliance) dan warga, menggunakan perangkap jebakan. Pelaksanaan Penangkapan Harimau Sumatera tersebut, dikarenakan, adanya laporan dari masyarakat Dusun Arasnapal Kiri, Desa Bukitmas. Dimana warga Besitang yang melihat keberadaan hewan Harimau Sumatera berkeliaran disekitaran kampung, dimana terlihat sedang mengejar hewan ternak milik masyarakat sekitar.

Informasi dirangkum awak media ini, sebelumnya pada Selasa tanggal 20 Desember 2022 sekira pukul 15.00 WIB, petugas BBKSD beserta masyarakat sekitar memasang perangkap untuk menangkap Harimau Sumatra yang berkeliaran di perkampungan warga. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi konflik antara manusia dan hewan buas (harimau).

Pada Rabu nya 21 Desember 2022 pukul 10.00 WIB, setelah dilaksanakan pengecekan terhadap perangkap, terlihat Harimau Sumatra sudah masuk dalam perangkap tersebut, selanjutnya harimau dibawa oleh petugas untuk dilaksanakan rehabilitasi pada hewan.

Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Bukitmas, Alfian Helmi Hasibuan, menyebutkan, membenarkan adanya harimau yang masuk perangkap.

Terkait ditanya, siapakah yang memasang perangkap? Alfian Helmi mengatakan, perangkap dipasang oleh pihak BBKSDA atas permintaan masyarakat.

Mengenai jenis kelamin apa haramau tersebut? Pihaknya mengatakan, kalau soal itu belum tau saya. Sepertinya harimau yang terperangkap itu masih anakan dewasa. Alfian Helmi juga mengatakan, harimau yang masuk dalam perangkap jebakan itu sudah dibawa pihak BBKSDA.

Beberapa petugas BBKSDA Sumut, yang dihubungi belum bersedia memberi keterangan, dikarenakan pimpinan mereka masih berada di Jakarta. (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button