DaerahJawa TimurReligiSitubondo

Harjakasi ke-205, Forkopimda Situbondo Ziarah dan Tabur Bunga ke Makam Bupati Pertama Serta Pahlawan Nasional

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Situbondo (Harjakasi) ke-205, Forkopimda Kabupaten Situbondo melaksanakan Ziarah serta Tabur Bunga ke Makam Leluhur dan Pahlawan Nasional, Senin (14/8/2023)

Kegiatan ziarah dan tabur bunga ini dilaksanakan ke makam Bupati Pertama Situbondo, Pembabad Besuki Kiai Pate Alos dan Makam Pahlawan Nasional K.H.R. As’ad Syamsul Arifin di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo, Kiai Pateh Saleh di Jalan Wijaya Kusuma, Almarhum Suroso mantan Wakil Bupati Situbondo dan ke makam almarhum Dadang Wigiarto mantan Bupati Situbondo.

Adapun rombongan yang mengikuti ziarah dan tabur bunga diantaranya Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi M.M., Wakil Bupati Nyai Hj. Khoirani, S.Pd, M.H, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H, S.I.K, M.H., Kajari Ginanjar Cahya Permana, S.H.,M.H, Ketua PN Achmad Rasjid, SH., mewakili Ketua DPRD Situbondo Hadi Priyanto, S.Pd., Ketua MUI Drs. Habib Muhammad Abu Bakar Al Muhdhor, M.Pd., Sekda Wawan Setiawan, S.H., M.H serta Para Asisten dan kepala OPD Jajaran Pemkab Situbondo.

Di sela-sela kegiatan zairah dan tabur bunga, Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi menjelaskan, tujuan dari ziarah dan tabur bunga ini untuk mengenang jasa-jasa almarhum dalam membabat tanah Besuki, almarhum para bupati dan para pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia serta orang-orang yang berjasa terhadap Kabupaten Situbondo.

“Ziarah dan tabur bunga ini agar mengingatkan kita semua untuk tidak melupakan sejarah berdirinya Kabupaten Situbondo. Sebab, tanpa perjuangan para pendahulu kita, maka Kabupaten Situbondo tidak akan seperti sekarang ini,” jelas Bupati Situbondo yang akrab dipanggil Bung Karna.

Dengan mengingat perjuangan para almarhum pemimpin Kabupaten Situbondo tempo dulu, sambung Bupati Karna, diharapkan bisa meningkatkan rasa bangga masyarakat terhadap Kabupaten Situbondo. “Oleh karenanya, saya mengajak kepada seluruh yang hadir dalam ziarah dan tabur bunga ini jangan sampai melupakan jasa-jasa para pendahulu kita,” tuturnya.

Dilain pihak, Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan ziarah makam leluhur dan pendiri bangsa merupakan bentuk penghormatan kepada leluhur dan merupakan sikap moral mulia sebagai manifestasi kelanjutan cita-cita dan perjuangan luhur pendahulu untuk diwariskan kepada anak cucu sebagai Generasi penerus bangsa.

“Dari ziarah dan tabur bunga ini, sedikit banyak kita bisa belajar sekaligus napak tilas perjalanan sejarah Kabupaten Situbondo. Hal ini merupakan kearifan lokal yang patut dijaga dan dilestarikan,” kata Kapolres Situbondo.

Lebih lanjut, AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto mengatakan, di usia yang ke-205 Kabupaten Situbondo, pihaknya berharap Kabupaten Situbondo semakin maju dalam ekonomi dan bisa mensejahterakan masyarakatnya.

“Dengan ritual religi ziarah ke makam bupati pertama hingga almarhum bupati terakhir dan ke Pahlawan Nasional serta ke pembabat Besuki, harapan Kami Kabupaten Situbondo semakin baik dan maju” pungkas Kapolres Situbondo. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button