DaerahJawa TimurPolitikRagamSitubondo

Hasil Sidak, Komisi II DPRD Minta Pemkab Situbondo Desak Perusahaan Tambak Pasang Flo Meter

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo Sidak ke PT NIM Mlandingan dan PT Ketah Makmur Suboh, Kabupaten Situbondo. Dari hasil sidak tersebut, ditemukan pembayaran pajak air bawah tanah tidak menggunakan Flo Meter dan pembayarannya hanya menggunakan perkiraan saja, Senin (25/04/2022).

Sidak yang dilakukan Komisi II DPRD Situbondo ini menemukan penggunaan air bawah tanah di kedua PT tersebut masih belum menggunakan Flo Meter. Sehingga, dalam membayar pajak hanya dikira kira, tanpa ada tolak ukur yang nyata.

Keterangan yang disampaikan Wakil Ketua Komisi II DPRD Abdul Aziz usai melakukan sidak dihadapan wartawan mengatakan, seharusnya pajak air bawah tanah ke dua PT tersebut menggunakan Flo Meter, sehingga ada tolak ukur PT tersebut menggunakan air bawah tanah. “Untuk itu, kami Komisi II DPRD Situbondo minta kepada Bupati Situbondo untuk menegur ke dua PT tersebut menggunakan Flo Meter,” kata Abdul Aziz.

Lebih lanjut, Abdul Aziz mengatakan untuk meningkatkan pajak air bawah tanah, maka kuncinya Bupati Situbondo harus tegas memberlakukan Flo Meter, sehingga penghasilan pajak air bawah tanah bisa terbayar sesuai penggunaannya. “Kalau caranya seperti ini, bagaimana mau ada peningkatan penghasilan dari pajak air bawah tanah,” ujar.

Oleh karena itu, kata Abdul Aziz, pihaknya Pemerintah Kabupaten Situbondo berani melakukan trobosan agar perusahaan tambak yang tersebar di wilayah Kabupaten Situbondo ini mau memasang flo meter. Itu dilakukan agar bisa membantu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari pajak air bawah tanah.

Dengan ditemukannya persoalan tersebut, kata Abdul Aziz, PT.NIM dalam melakukan pembayaran pajak air bawah tanah hanya membayar Rp. 900 ribu per bulannya. Sedangkan PT. Ketah Makmur hanya membayar Rp. 700 ribu per bulan.

“Kami optimis kalau semua perusahaan tambak di seluruh Kabupaten Situbondo menbayar pajak air bawah tanah menggunakan Flo Meter, maka pendapatan PAD Kabupaten Situbondo bisa meningkat,”pungkasnya.

Publisher                     : Heru Hartanto

Pewarta                       : As’ad Zuhaidi

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button