DaerahJawa Timur

Hindari Kemacetan Saat Mudik dan Balik Lebaran, Polres Bondowoso Adakan Simulasi dan Sosialisasi Pengalihan Arus

 

 

BeritaNasional.ID, Bondowoso Jawa Timur – Dalam dua tahun terahir ini, pihak Pemerintah telah memperbolehkan mudikĀ  lebaran bagi masyarakat. Hal ini menjadikan Satlantas Polres Bondowoso harus mengantisipasinya agar lalu lintas tidak macet.

Dalam menjalankan program ini, Satlantas bekerja sama dengan Dishub Bondowoso, Satpol PP dan Damkar serta instansi terkait lainnya. Polisi telah melakukan pola-pola guna mengantisipasi lonjakan arus mudik maupun arus balik, saat menghadapi hari Raya Idul Fitri 1444 H Tahun 2023.

Salah satu cara yang dilakukan oleh Satlantas Polres Bondowoso untuk mengurai kemacetan adalah dengan mencarikan jalur alternatif dan pengalihan arus di beberapa titik. Hal ini dilakukan untuk mengatasi lonjakan arus kendaraan yang akan melewati Kota Bondowoso.

Kapolres Bondowoso AKBP Wimboko, S.I.K. M.Si melalui Kasat Lantas AKP Suryono, S.Sos menjelaskan, untuk mengantisipasi arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini, Satlantas bersinergi dengan stakeholder yang lainnya melakukan uji coba pengalihan arus dan sosialisasi jalur alternatif.

ā€œKami bekerja sama dengan Dinas terkait, diantaranya TNI, Dishub dan Satpol PP dan Damkar untuk melakukan pola-pola, mengantisipasi mudik lebaran agar masyarakat tetap aman dan tentram saat berkendara dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1444H, “terang Kasat Lantas, selasa 4/4/2023.

Kanit Turjagwali Sat Lantas, Ipda Agus Hariadi, SH turun langsung ke lokasi untuk memberikan paparan terkait pengalihan arus kendaraan dari arah Kota Jember ke Situbondo dan Besuki.

ā€œAda beberapa titik yang hari ini akan dilakukan uji coba pengalihan arus lalu lintas. Diantaranya adalah Pos Pantau Nangkaan dan Pos Pantau Alun-alun Kota Bondowoso. Pengalihan arus, kendaraan yang dari Jember ke Situbondo dan Besuki,” jelas Kanit Turjagwali.

Ipda Agus Hariadi, SH juga memberikan penjelasan bahwa diperkirakan puncak arus mudik lebaran tahun ini akan terjadi satu minggu sebelum lebaran, sehingga berpotensi menimbulkan kemacetan.

ā€œPada kesempatan ini kami memberikan himbauan kepada para pemudik agar melaksanakan mudik lebih awal, agar terhindar dari kemacetan serta tetap mentaati Lalu Lintas, supaya tetap aman berkendara,ā€ imbau Kanit Turjagwali.

ā€œDengan dilakukannya uji coba pengalihan arus di beberapa titik, diharapkan bisa mengurangi kemacetan, baik disaat arus mudik maupun arus balik, Semoga selama Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, tetap lancar, aman dan terkendali, “pungkas Agus Hariadi, SH.

Pewarta : Zainul Muhaimin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button