Nasional

Imunitas Masyarakat terhadap Covid-19 Mulai Menurun, Segera Lakukan Booster

Beritanasional.id – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menilai terjadinya lonjakan kasus covid-19 beberapa pekan ini dikarenakan menurunnya imunitas masyarakat. Penyeraban covid-19 juga disebabkan oleh kendornya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta melonggarnya kebiasaan pemakaian masker.

“Terjadinya penularan covid-19 karena virus covid-19 masih ada di tengah masyarakat. Terjadinya peningkatan infeksi karena sebagian masyarakat masih ada yang rentan covid-19 karena imunitasnya rendah,” kata Wiku dilansir Sabtu, 22 April 2023.

Tingginya interaksi masyarakat disampaikan Wiku juga semakin meningkatkan potensi penularan kasus covid-19. “Penularan meningkat karena interaksi di antara masyarakat yang tinggi dengan perlindungan protokol kesehatan yang kurang maksimal,” tambahnya.

Untuk memperkuat imunitas, masyarakat diimbau segera melakukan vaksinasi di sentra atau puskesmas terdekat. Vaksinasi booster kedua bisa melindungi orang sekitar dari ancaman covid-19 terutama bagi kelompok rentan dan komorbid.

“Di tengah masih adanya penularan virus covid-19, masyarakat dihimbau untuk tetap menjaga imunitas tubuh dengan pola hidup bersih dan sehat, menerapkan protokol kesehatan, dan vaksinasi lengkap dan booster covid-19,” ungkapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button