Olahraga

Hasil Brighton v Manchester United: Skor 0-0 (Pen. 6-7)

Manchester United memastikan diri lolos ke final FA Cup 2022/2023. Tim berjuluk Setan Merah itu mengalahkan Brighton di Wembley dan masuk ke laga terakhir di kompetisi ini.

Pertandingan antara MU dan Brighton ini berjalan sama kuat dengan skor 0-0 hingga babak tambahan waktu. Alhasil pertandingan ditentukan di babak adu pinalti, dimana anda berhasil menang dengan skor 7-6.

Berkat kemenangan ini, Setan Merah akan menantang sang tetangga, Manchester City di final, di mana The Cityzens menyingkirkan Sheffield United di semifinal pertama kemarin.

Babak pertama

Manchester united vs brington/Doc. Berkibar.id

Bermain di Wembley, Brighton mengawali laga dengan baik. Anak asuh Roberto di Zerbi itu tampil mengancam di awal laga.

Di menit ketujuh, The Seagulls nyaris membuka keunggulan melalui tembakan bebas Alexis MacAllister, namun bola berhasil ditepis oleh De Gea.

Manchester United bukannya tanpa peluang. Di menit ke-15, giliran Robert Sanchez yang dipaksa untuk melakukan penyelamatan krusial untuk menghalau tembakan Bruno Fernandes.

Brighton yang tampil dominan di 30 menit pertama mulai kehilangan kontrol di 10 menit terakhir babak pertama. Manchester United tampil lebih menekan dan menebar ancaman ke gawang The Seagulls.

Di masa injury time, Christian Eriksen mampu mengirimkan umpan ke Marcus Rashford yang lolos dari jebakan offside. Sang winger lalu melepaskan umpan tarik ke Eriksen, dan disambar sang gelandang dengan tembakan mendatar namun bola berhasil dihalau Sanchez dengan kakinya. Skor 0-0 menutup jalannya babak pertama.

Babak kedua

manchester_united_vs_brighton/Doc. Berkibar.id

Memasuki paruh kedua, laga berjalan dengan sengit. Kedua tim langsung tancap gas untuk mencetak gol cepat di awal babak kedua ini.

Peluang berbahaya pertama di laga ini lahir di menit ke-56. Memanfaatkan kemelut di depan gawang MU, Enciso melepaskan tembakan akurat ke gawang Setan Merah, namun bola berhasil digagalkan oleh De Gea.

Beberapa menit berselang, MU mengancam melalui serangan balik cepat mereka. Namun sayang Antony terlalu terburu-buru melepaskan tembakan sehingga bola berhasil ditangkap dengan baik oleh Sanchez.

Manchester United kemudian tampil lebih dominan. Sementara Brighton dipaksa bertahan dengan solid dan melepaskan serangan-serangan balik.

Di menit ke-81, Solly March mengancam gawang MU melalui tembakan mendatar dari luar kotak penalti, namun bola berhasil dihentikan oleh De Gea. Jual beli serangan kedua tim berlanjut, namun skor 0-0 tidak berubah sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Extratime dan Babak penalti

Gelandang Brighton Solly March (kiri) berebut bola dengan gelandang Manchester United Fred selama pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris di Old Trafford di Manchester, barat laut Inggris, pada 7 Agustus 2022. Brighton diprediksi menang dengan skor 2-1 atas MU di semifinal Pial FA , Minggu (23/4/2023).

Memasuki babak tambahan waktu, tempo permainan sedikit melambat. Kedua tim mulai terlihat kelelahan sehingga intensitas serangan mulai menurun.

Meski begitu, jual beli serangan masih berlanjut. Di babak tambahan waktu pertama di laga ini, peluang emas terjadi di akhir-akhir.

Marcus Rashford melepaskan tembakan terukur ke gawang Brighton, namun bola yang membentur kaki bek Brighton masih bisa ditepis dengan heroik oleh Sanchez.

Di babak tambahan waktu kedua, MU dan Brighton sama-sama tidak mau mengalah. Sejumlah peluang diciptakan sejak kick-off, namun belum ada yang mampu berbuah menjadi gol, sehingga laga ditentukan melalui adu penalti.

Brighton mendapatkan kesempatan penalti terlebih dahulu. Alexis Mac Allister berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik. Sementara Casemiro yang jadi algojo pertama MU juga berhasil memasukkan bola.

Empat penendang berikutnya dari Brighton melakukan tugasnya dengan baik. Penendang kelima MU, Marcel Sabitzer sempat bikin gelisah karena tembakannya berhasil ditepis Sanchez, namun bola masih masuk ke gawang.

Memasuki penendang ketujuh, Solly March menendang bola terlalu keras sehingga melambung di atas gawang MU. Sementara penendang ketujuh MU, Victor Lindelof berhasil menuntaskan tugasnya sehingga MU memenangkan laga ini.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button