BondowosoDaerahJawa Timur

Infrastruktur Destinasi Wisata Pemandian Air Panas Blawan Harus Diprioritaskan

 

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Salah satu destinasi wisata yang diakui Unesco Global Geopark (UGG) adalah Pemandian Air Panas (PAP) di Blawan Kecamaran Ijen. Jadi sudah selayaknya destinasi ini mendapat perhatian lebih dari Pemkab Bondowoso.

Salah satu wisatawan asal Surabaya, Dr. H. Achmad Rubaie, SH, MH, mengatakan, obyek wisata ini sungguh sangat bagus, ada pesona daya pikat yang saya menjadi kagum sebagai pendatang dari Surabaya.

“Saya menyaksikan potensinya air panas yang alami, bahkan itu bisa dipakai orang-orang tertentu yang memerlukan penghangat,” kata tokoh politik yang kini mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI Dapil 3 dari PAN, ahad 21/1 2024.

Dan saya lihat, lanjutnya, PAP tidak saja diakui secara nasional, tapi juga diakui oleh Unesco Global Geopark (UGG). Artinya dunia memperhatikannya. Kalau dunia saja memperhatikan, lalu Pemkab Bondowoso mengabaikan, kan sebuah …., ironi.

Ditambahkan, ada alam pegunungannya, ada air panasnya, sungguh sangat menakjubkan. Oleh karena itu perlu perlengkapan infrastruktur lain, sehingga obyek wisata ini lengkap. Setelah berendam di air hangat, apa setelah ini, kalau lapar mau kemana.

Maka infrastruktur yang berkait dengan potensi kuliner khas daerah Blawan perlu dikembangkan. Termasuk juga souvenir, seperti kaos, gantungan kunci, ini kan peluang usaha untuk UMKM. Alam sudah memberikan potensi, cuma respon dari kita agak lambat.

“Saya kira kedepan patut dikembangkan. Saya sebagai Caleg dari PAN tertarik untuk juga mendorong supaya obyek wisata ini lebih berkembang. Saya kira ini bisa menjadi sumber pendapatan dari Pemkab Bondowoso dan juga bisa merekrut tenaga-tenaga kerja sebanayk-banyaknya,” saran Caleg Nomor Urut 1 ini.

Dan saya anjurkan, lanjutnya, tenaga kerja itu harus diambil dari pemuda-pemuda lokal disini, sehingga pelayanannya full service. Jadi tidak dibatasi jam jika ada masyarakat yang ingin bermalam.

Ditambahkan, yang paling penting, saya tertarik menuju destinasi wisata ini. Untuk sampai ke Blawan dari kota, jalannya meliuk-liuk, ada kabut, dan tikungan yang kadang tajam. Saya sarankan wisatawan harus hati-hati.

Sepanjang perjalanan disuguhi view yang indah, udaranya menyebabkan badan enak. Pemandangannya tidak kalah dengan destinasi wisata luar negeri yang pernah saya kunjungi. Bravo PAP Blawan.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button