Jawa Timur

Peduli Kesenian Tradisional Jaranan Kediri, Danyonif 521/DY (Letkol Inf Yuda Sancoyo M.Han) Kembali Selenggarakan Festival Budaya Kediri di Markas Macan Kumbang

BERITANASIONAL.ID, KEDIRI – Seni Jaranan merupakan pertunjukan seni tari tradisional dengan diiringi alunan musik kendang yang berasal dari Jawa. Jaranan berasal dari kata “jaran” yang berarti kuda, Jaranan sudah ada sejak ratusan tahun lalu tetapi masih lestari dan digemari masyarakat Jawa timur sampai saat ini.

Jaranan merupakan seni pertunjukan rakyat yang menyajikan penggambaran tarian prajurit yang mengendarai kuda kepang/kuda lumping. Dalam tradisi pertunjukan rakyat jaranan memiliki beberapa genre sesuai dengan bentuk sajian serta muatan filsafatinya dan tarian ini juga sangat kental akan kesan magis dan nilai spiritual. Tari Jaranan ini merupakan kesenian yang sangat terkenal di Kediri dan sekitarnya, Dulunya hanya menjadi dolanan atau mainan anak-anak, yang menggambarkan kegagahan sekelompok prajurit yang tengah menunggangi kuda sekarang telah berkembang dgn pesat dan menyajikan Akulturasi budaya dan seni yg Harmoni, Indah dan Menghibur.

Masyarakat Kota Kediri dan Sekitarnya Sangat senang dan antusias menyaksikan Pagelaran Seni Jaranan ini apalagi menampilkan Grup jaranan terbaik di Jawa Timur (Grup Jaranan Rogo Samboyo Putro) yg memiliki Penggemar dan fans terbanyak di wilayah Jawa Timur khususnya daerah Mataraman (Wilayah Kediri dan Sekitarnya).

“Antusias Masyarakat ini tentunya membawa Kebahagiaan bagi Warga Yonif 521/DY, Markas Macan Kumbang dipenuhi dgn Wajah Ceria Ribuan Masyarakat Kediri dan Sekitarnya (Jombang, Nganjuk, Mojokerto, Tulung Agung dan Sekitarnya) terlihat bergembira dan Sangat menikmati Sajian Hiburan dari Grup Jaranan terkenal di Jawa Timur ditambah lagi penampilan Artis Jawa Timur Yeyen Vivia menambah Semarak dan kebahagiaan Warga Masyarakat yg menikmati Sajian Festival Budaya 521 di Asrama Macan Kumbang Kediri” Ujar Danyonif 521/DY Letkol Inf Yuda Sancoyo M.Han.

Warga masyarakat yg hadir berharap kegiatan seperti malam ini kedepan dijadikan agenda rutin sehingga masyarakat dapat menemukan hiburan gratis tetapi sangat Membahagiakan.

Dari Kota Kediri Yonif 521/DY menyampaikan pesan Lestari Budaya Adi Luhung Indonesia, Kediri Hebat, Kediri Berbudaya

(Red/wijaya)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button