DaerahPolitik

Ingin Pastikan Hak Politik Warga Terpenuhi, Fahri Minta Panwaslu Kecamatan Perketat Pengawasan Daftar Pemilih

BeritaNasional.ID, GORONTALO – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Bolango, Moh. Fahri Kaluku menegaskan kepada seluruh pimpinan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan se Kabupaten Bone Bolango untuk memperketat pengawasan terhadap penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Kabupaten Bone Bolango Pemilu 2024.

Penegasan ini disampaikan Fahri saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Persiapan Pengawasan Penyusunan DPT dan DPTb yang digelar di RM Meranti Indah, Minggu (16/04/2023).

“Daftar Pemilih ini sangat penting karena menyangkut hak politik setiap warga negara. Saya minta Panwaslu melakukan pengawasan melekat terhadap hal ini,”tegas Fahri.

Ditambahkan Fahri bahwa sebagai pengawas yang bekerja secara hirarki maka sudah sepatutnya seluruh pengawas harus patuh dan taat terhadap perintah atasan untuk melaksanakan tugas-tugas pengawasan secara bersama-sama.

“Saya sudah membuat SPT (Surat Perintah Tugas) untuk melakukan pengawasan melekat. Karena kita ini bekerja secara hirarki. Semua harus bekerja melakukan pengawasan. Harus patuh dan taat. Jangan ada yang main-main,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Rakernis ini digelar dalam rangka menyamakan persepsi pengawasan dalam sub tahapan pengumuman DPS (Daftar Pemilih Sementara) bagi Panwaslu Kecamatan. Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait teknis dalam tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih pemilu 2024 dan penguatan kemampuan pengawas yang terampil dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk diketahui, jumlah pemilih di Kabupaten Bone Bolango yang terdaftar dalam DPS berdasarkan data yang telah ditetapkan oleh KPU Kabupaten Bone Bolango pada tanggal 5 April 2023 yakni sebanyak 123.133 jiwa dengan rincian jumlah pemilih laki-laki sebanyak 61.051 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 62.082 jiwa yang tersebar di 509 TPS di 165 Desa dan Kelurahan di 18 Kecamatan. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button